Kompas.com - 18/09/2016, 16:01 WIB
Atlet Wushu putri Jawa Barat, Monica Pransisca (tengah) meraih medali emas PON XIX kategori chang quan di GOR Pajajaran, Bandung, Minggu (18/9/2016). Ia meraih nilai 9,53 mengungguli Felda Elvira peraih medali perak dari Jawa Timur dan Devi Indaryanti peraih perunggu dari Jawa Tengah. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOAtlet Wushu putri Jawa Barat, Monica Pransisca (tengah) meraih medali emas PON XIX kategori chang quan di GOR Pajajaran, Bandung, Minggu (18/9/2016). Ia meraih nilai 9,53 mengungguli Felda Elvira peraih medali perak dari Jawa Timur dan Devi Indaryanti peraih perunggu dari Jawa Tengah.
|
EditorNugyasa Laksamana

BANDUNG, KOMPAS.com - Atlet wushu putri Jawa Barat, Monica Pransisca Sugianto, meraih medali emas pada nomor Chang Quan (tinju panjang). Keberhasilan itu tak terlepas dari dukungan luar biasa para suporter.

Seusai penyerahan medali, Monica pun tak kuasa menahan kebahagiaannya. Pasalnya, ia mengaku tak memasang target khusus pada PON kali ini.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Atlet Wushu putri Jawa Barat, Monica Pransisca meraih medali emas PON XIX kategori chang quan di GOR Pajajaran, Bandung, Minggu (18/9/2016). Ia meraih nilai 9,53 mengungguli Felda Elvira peraih medali perak dari Jawa Timur dan Devi Indaryanti peraih perunggu dari Jawa Tengah.
"Jujur saja, saya sempat merasakan grogi. Namun, teriakan 'Jabar Kahiji' membuat saya semangat dan plong. Akhirnya saya bisa menjalaninya dengan baik," ucap Monica.

"Kemenangan ini saya persembahkan untuk seluruh warga Jawa Barat. Besok saya tampil lagi. Saya ingin menunjukkan kemampuan yang lebih baik," ujar dara asal Sukabumi tersebut.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Atlet Wushu putri Jawa Barat, Monica Pransisca Sugianto bertanding pada PON XIX kategori chang quan di GOR Pajajaran, Bandung, Minggu (18/9/2016). Ia meraih medali emas PON XIX dengan nilai 9,53.
Monica berhasil memperoleh 9,53 poin. Ia mengungguli atlet Jawa Timur, Felda Elvira (9,52), dan atlet Jawa Tengah, Devi Indaryanti (9,51).

Bagi masyarakat Indonesia, olahraga wushu mungkin belum terlalu populer. Namun, berdasarkan pantauan Kompas.com, tribune di GOR Pajajaran terlihat ramai saat wushu sedang dipertandingkan.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Atlet Wushu putri Jawa Barat, Monica Pransisca Sugianto bertanding pada PON XIX kategori chang quan di GOR Pajajaran, Bandung, Minggu (18/9/2016). Ia meraih medali emas PON XIX dengan nilai 9,53.
Mayoritas penonton antusias menyemangati atlet jagoan mereka masing-masing dengan yel-yel unik nan menarik.

Sejauh ini, kontingen Jawa Barat sudah mengumpulkan 75 medali dengan rincian 37 emas, 19 perak, dan 19 perunggu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.