Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atlet Olimpiade Dinyatakan Status "Unattached" di PON

Kompas.com - 14/09/2016, 09:54 WIB


JAKARTA, Kompas.com - Dua atlet renang nasional, Ressa Kania Dewi dan Glenn Victor Sutanto dinyatakan dalam posisi unattached dalam pelaksaan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XIx/2016 di Jawa Barat.

Sebelumnya, dua atlet ini memang sedang bermasalah karena diperebutkan dua daerah, tuan rumah Jawa Barat dan Jawa Timur. Namun dalam Delegation Registration Meeting (DRM) PON XIX/2016 yang berlangsung 18-22 Agustus 2016 lalu, tim keabsahan PON mempertanyakan status Glenn dan Echa berdasar status domisili.

Glenn dan Ressa adalah perenang yang meraih 8 emas bagi kontingen  Jabar di PON XVIII Riau 2012. Namun pada kuartal terakhir 2015 lalu, mereka dikabarkan hengkang ke Jawa Timur.

Dengan status unattached, atlet sebenarnya kehilangan hak untuk mendapatkan medali dan pencatatan waktu lomba. Tentunya ini kerugian besar buat Jawa Timur yang telah mengeluarkan dana besar untuk mendapatkan Glenn dan Echa.

Glenn Victor merupakan atlet renang yang bersama Yessy Yosaputera membela Indonesia di ajang Olimpiade Rio de Janeiro, bulan lalu. Di PON XIX ini, Yessy sendiri masih tercatat sebagai atlet Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com