Kompas.com - 10/09/2016, 06:39 WIB
Pebalap Movistar Yamaha asal Italia, Valentino Rossi, bersiap saat akan menjalani sesi latihan bebas pertama GP San Marino di Sirkuit Misano, Jumat (9/9/2016). GABRIEL BOUYS/AFP PHOTOPebalap Movistar Yamaha asal Italia, Valentino Rossi, bersiap saat akan menjalani sesi latihan bebas pertama GP San Marino di Sirkuit Misano, Jumat (9/9/2016).
EditorPipit Puspita Rini

SAN MARINO, KOMPAS.com - Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, tidak bisa menahan kekesalannya terhadap Aleix Espargaro (Suzuki Ecstar) saat keduanya turun pada sesi latihan bebas kedua GP San Marino di Sirkuit Misano, Jumat (9/9/2016).

Rossi menilai Espargaro menghalangi jalur yang membuatnya tidak bisa melaju cepat. Rossi makin marah hingga mengacungkan jari tengah karena Espargaro tidak mau meminta maaf.

"Sungguh, saya tidak mengerti dengan kelakuannya dan ini bukan yang pertama. Hal sama juga terjadi di Austria," kata Rossi di situs balap Crash.

Rossi tengah memacu motornya hingga akhirnya berada di belakang dua pebalap Suzuki, Maverick Vinales dan Espargaro.

"Keduanya melihat saya. Vinales minggir dan Espargaro tetap bertahan. Sungguh, saya tidak tahu mengapa," kata Rossi.

"Saya berkata kepadanya, 'Apa yang kamu lakukan?'. Dia menjawab saya, 'Sial kamu!'. Karena hal itulah saya marah. Cukup dengan berkata maaf. Namun, mereka tidak tahu bagaimana meminta maaf. (Buat mereka), lebih baik berkata 'Sial kamu!'," kata Rossi menambahkankan.

Atas kejadian tersebut, Espargaro didatangi Race Director Mike Webb di pit. Kakak Pol Espargaro tersebut mendapat teguran supaya lebih memperhatikan keberadaan pebalap lain di lintasan.

"Dia mendatangi saya di pit. Ini tidak normal karena dia tidak pernah datang ke pit. Dia selalu memanggil pebalap. Namun, saya berpikir, karena ini Valentino, maka dia datang ke pit," kata Espargaro.

Meski begitu, Espargaro bertahan bahwa dia tidak melakukan kesalahan atau mengganggu Rossi saat melakukan putaran. Dia pun marah dengan teguran Webb.

"Saya bertanya apakah dia sudah melihat ulang video kejadian, dan dia berkata, 'Sudah, dan kamu tidak di tengah lintasan, kamu tidak mengganggu dia. Namun, kamu harus lebih memperhatikan'," kata Espargaro.

"Saya mengulang sampai tiga kali, 'Saya mengganggu dia? Apakah kamu sudah mengecek ulang video?'. Dia berkata bahwa saya tidak mengganggu Rossi," ujarnya lagi.

"Lalu saya berkata, 'Kalau begitu berbicaralah dengan Rossi, karena saya tidak akan lebih memperhatikan!'," ucap Espargaro.

Rossi menutup hari pertama GP San Marino dengan berada di urutan keenam pencatat putaran tercepat, sementara Espargaro di urutan ke-11.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Sumber Crash
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.