Kompas.com - 05/09/2016, 06:28 WIB
EditorPipit Puspita Rini

SILVERSTONE, KOMPAS.com - Pebalap Suzuki Ecstar, Maverick Vinales, mengaku tidak pernah berpikir akan bisa meraih kemenangan pada balapan MotoGP musim ini.

Vinales naik ke podium tertinggi dan meraih kemenangan perdana sejak naik ke MotoGP setelah finis di urutan pertama pada balapan GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (4/9/2016).

"Sudah pasti ini merupakan momen terbaik dan sebelumnya saya tidak berpikir akan bisa melakukannya tahun ini. Saya berpikir akan melakukannya tahun depan," kata Vinales.

Vinales akan bergabung dengan Valentino Rossi di tim Movistar Yamaha mulai musim depan.

"Saya sangat senang bisa melakukan ini sebelum meninggalkan Suzuki. Ini merupakan salah satu hal terbaik yang bisa saya lakukan untuk mereka," ujarnya menambahkan.

Vinales merupakan pebalap Suzuki pertama yang bisa memenangi balapan kelas premier di lintasan kering sepenuhnya sejak Kenny Roberts Jr melakukannya pada 2000 di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang.

Pada 2007, Chris Vermeulen (Australia) memenangi balapan GP Perancis di Sirkuit Le Mans bersama Suzuki. Namun, ketika itu balapan tidak sepenuhnya berlangsung di lintasan kering.

Para pebalap yang ketika itu bersaing dengan motor 800cc harus berganti mesin di tengah balapan karena kondisi lintasan basah.

Vinales mengawali balapan di Sirkuit Silverstone dengan langsung melesat selepas start dilakukan.

Meski start sempat diulang karena bendera merah yang berkibar menyusul kecelakaan Pol Espargaro (Yamaha Tech3) dan Loris Baz (Avintia), Vinales tetap bisa menjaga fokusnya.

"Hasil yang luar biasa dan saya sangat berterima kasih kepada tim. Mereka layak mendapatkan ini karena sudah bekerja keras sepanjang waktu," ucap pebalap 21 tahun tersebut.

"Saya hanya bisa berkata bahwa saya ingin berada di papan atas lagi pada balapan-balapan berikutnya, dan akan berusaha bersaing hingga akhir," ujarnya lagi.

Hasil di Inggris ini mengantar Vinales naik ke posisi keempat klasemen sementara dengan 125 poin, tertinggal 21 angka dari Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha) yang berada di urutan ketiga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Crash
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.