Kompas.com - 05/09/2016, 04:40 WIB
EditorPipit Puspita Rini

SILVERSTONE, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, gagal naik podium setelah finis di urutan keempat pada balapan GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (4/9/2016).

"Pada awal balapan, saya bisa lebih cepat, tetapi masalah terbesarnya muncul setelah empat lap. Saya mulai merasa bahwa memakai ban depan soft merupakan kesalahan. Itu kesalahan pertama," kata Marquez.

Pebalap 23 tahun tersebut mengatakan bahwa ban depan soft tersebut membuat motornya tidak stabil dan lambat saat berbelok. Dia harus menggunakan kekuatan tangan dan sikunya untuk menjaga kestabilan ban depan.

Pilihan ban Marquez ini berbeda dengan ketiga pebalap yang berhasil finis di depannya yaitu Maverick Vinales (Suzuki Ecstar), Cal Crutchlow (LCR Honda), dan Valentino Rossi (Movistar Yamaha).

Dia menegaskan bahwa pemilihan ban tersebut sepenuhnya adalah keputusannya. Timnya menyarankan untuk memakai ban hard, tetapi dia tetap memilih ban soft.

Dengan pilihan ban yang tidak tepat, Marquez masih bisa bersaing dengan Rossi dan Crutclow.

"Saya tahu Rossi adalah musuh utama dalam perebutan gelar juara dunia. Ketika balapan tersisa lima putaran, saya mulai menyerang. Mungkin saya terlalu memaksa, terlalu banyak mengambil risiko, tetapi saya yakin bisa finis di urutan kedua," kata Marquez.

Marquez berhasil melewati Rossi dan akhirnya punya kesempatan untuk mendapatkan tempat kedua. Dia harus bersaing ketat dengan Crutchlow.

Keduanya sempat bersenggolan yang membuat Marquez keluar lintasan. Saat kembali, dia berada di urutan kelima.

"Ketika tertinggal dua putaran, saya melakukan kesalahan saat bersaing dengan Cal dan saya kehilangan beberapa posisi. Namun, kita harus melihat sisi positifnya bahwa saya hanya kehilangan tiga poin," ujarnya lagi.

Marquez mendapat 13 poin dari hasil finis keempat. Dia masih memimpin klasemen sementara pebalap dengan 210 poin, unggul 50 angka atas Rossi yang meraih 16 poin di Inggris.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Crash
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.