Kompas.com - 22/08/2016, 21:22 WIB
EditorTjahjo Sasongko

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi akan melakukan revitalisasi cabang-cabang olahraga yang berpotensi meraih medali dalam Olimpiade dengan memusatkan pelatihan nasional di Cibubur, Jakarta Timur.

"Kami akan memfokuskan penjenjangan kompetisi cabang-cabang olahraga, mulai dari PON Pelajar, PON Remaja, PON, SEA Games, Asian Games, hingga Olimpiade. Kami menyiapkan pemusatan pelatihan Olimpiade di Cibubur," kata Menpora Imam Nahrawi selepas rapat teknis penyambutan atlet peraih medali Olimpiade 2016 di Jakarta, Senin.

Menpora juga akan mengevaluasi prestasi kontingen Indonesia dalam Olimpiade Rio 2016 bersama Satlak Prima, Komite Olimpiade Indonesia, dan para pengurus cabang-cabang olahraga Olimpiade.

"Revitalisasi itu akan dimulai setelah penyelenggaraan PON XIX di Jawa Barat. Kami sedang menyiapkan regulasinya sehingga cabang-cabang olahraga non-Olimpiade akan masuk dalam Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat (Formi)," kata Menpora.

Sejumlah cabang olahraga yang akan menjalani pemusatan pelatihan nasional di Cibubur adalah angkat besi dan panahan mulai akhir 2016. Pada Olimpiade Rio De Janeiro lalu, cabang olahraga yang diikuti Indonesia adalah angkat besi, atletik, bulu tangkis, panahan, renang, dayung, dan sepeda BMX.

Pada Olimpiade masa lalu, Indonesia antara lain pernah meloloskan wakil di cabang anggar, menembak, tinju, layar, judo, tenis, tenis meja, dan sepak bola.

Selain revitalisasi cabang-cabang olahraga Olimpiade, Menpora juga akan mengevaluasi cabang-cabang olahraga andalan Indonesia yang tidak ikut dalam SEA Games 2017 di Malaysia.

"Mestinya KOI berkoordinasi secara detail dan terbuka dengan deputi prestasi ataupun Satlak Prima yang mengerti cabang-cabang olahraga unggulan Indonesia untuk meraih medali emas. Ini yang menjadi beban pikiran saya karena masyarakat nanti akan bertanya target emas dan peringkat Indonesia," kata Menpora.

Indonesia menempati peringkat ke-46 dari 205 negara peserta Olimpiade 2016 dengan meraih satu medali emas dan dua medali perak. Di antara negara-negara ASEAN, Indonesia berada di bawah Thailand yang menempati peringkat ke-35 dengan dua medali emas, dua perak, dan dua perunggu.

Sementara itu, dalam ajang SEA Games, Indonesia berada di peringkat kelima di bawah Thailand, Singapura, Vietnam, dan Malaysia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber ANTARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.