Kompas.com - 22/08/2016, 05:54 WIB
EditorJalu Wisnu Wirajati

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com - Hujan deras terjadi di Rio de Janeiro jelang upacara penutupan Olimpiade 2016 di Stadion Maracana, Minggu (21/8/2016) atau Senin pagi WIB.

Upacara penutupan tersebut sedianya akan dimulai pada pukul 6.00 WIB. Namun, hingga satu jam sebelum acara, Maracana masih sepi penonton.

"Angin begitu kencang dan hujan sangat deras. Untung kami (wartawan Indonesia) sudah berada di dalan stadion," kata Pipit Puspita Rini, wartawan Kompas.com yang meliput langsung Olimpiade 2016.

Bukan hanya penonton yang kurang belum menyemut ke stadion. Kursi-kursi awak media pun tampak kosong. Hal itu berbeda jauh dengan upacara pembukaan pada Jumat (5/8/2016) lalu.

"Wartawan sepi. Beda dengan saat pembukaan. Saat itu, duduk saja susah," ujar Pipit.

Pada upacara penutupan, perwakilan negara akan kembali melakukan defile. Namun, berbeda dengan saat pembukaan, jumlah atlet yang hadir pada penutupan jauh tereduksi.

"Bendera negara peserta akan tetap ada mengikuti defile. Namun, beberapa di antaranya dibawa oleh perwakilan," ujar Pipit.

"Para atlet dan ofisial dari Indonesia juga sudah kembali ke Tanah Air. Tim bulu tangkis yang terakhir meninggalkan athlete village," tuturnya lagi.

Beberapa saat menjelang upacara pembukaan, hujan sudah berhenti. Namun, angin kencang tetap terjadi.

Olimpiade Rio 2016 berlangsung selama 16 hari. Amerika Serikat kembali menjadi juara umum dengan perolehan 46 medali emas.

Kompas TV Indonesia Hanya Raih 1 Emas di Olimpiade Rio de Janeiro
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.