Kompas.com - 18/08/2016, 21:13 WIB
 Chris John memberi pengarahan kepada peserta Indonesia Boxing Championship di lapangan Kompas Gramedia, Kamis (18/8/2016). FERRIL DENNYS/KOMPAS.com Chris John memberi pengarahan kepada peserta Indonesia Boxing Championship di lapangan Kompas Gramedia, Kamis (18/8/2016).
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan juara dunia tinju WBA asal Indonesia, Chris John, berharap dunia tinju tanah air kembali bergairah melalui digelarnya acara reality sport bertajuk Indonesia Boxing Championship (IBC).

IBC merupakan ajang pencarian petinju. Acara itu digagas oleh PT Chris John Indonesia, perusahaan yang didirikan oleh mantan juara dunia WBA asal Indonesia, Chris John, beserta istri dan rekan-rekannya.

Chris John pun memiliki harapan besar agar IBC ini menjadi napas baru untuk kembali menghidupkan dunia tinju Indonesia yang sedang mati suri.

"Saat ini, banyak sasana yang tutup seperti di Jakarta atau Surabaya. Kenapa? Hal itu karena jarang adanya pertandingan dan kompetisi tinju," kata Chris John saat berkunjung ke kantor Kompas.com, Kamis (18/8/2016).

Chris John berpendapat bahwa dukungan memang sangat diperlukan untuk dunia tinju Indonesia.

"Saya berharap IBC bisa membuat sasana kembali hidup dan bermunculan petinju-petinju muda," tutur Chris.

Karena itu, Chris ingin membantu kemajuan tinju Indonesia melalui IBC. Bukan hanya mencari juara, tetapi IBC akan menjadi wadah pembentukan petinju profesional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ada petinju yang memiliki bakat bagus tetapi tak memiliki manajemen yang baik dalam mengelolanya. Jadi enggak bisa juara," jelas The Dragon, julukan Chris John, ketika ditanya perihal kemandekan prestasi petinju tanah air.

"Selain itu, banyak petinju yang tidak bisa menjaga diri. Padahal, pertarungan tinju bukan hanya saat bertanding. Namun, tantangan sebenarnya muncul sejak sebelum pertandingan. Salah satunya adalah dalam hal menurunkan berat badan. Hal semacam ini harus diberitahu kepada mereka," lanjut Chris.

Sebanyak 16 petinju akan bersaing untuk menjadi juara dalam ajang ini. IBC adalah kejuaraan yang diakui oleh Komisi Tinju Profesional Indonesia (KTPI).

Rencananya, IBC akan ditayangkan di Kompas TV pada 2 September 2016 pukul 22.00 dan ditayangkan pada setiap Jumat. 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.