Kompas.com - 14/08/2016, 17:26 WIB
|
EditorNugyasa Laksamana

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com - Petenis putri, Monica Puig, menyumbang medali emas pertama untuk Puerto Riko pada ajang Olimpiade Rio 2016. Dia mengalahkan Angelique Kerber 6-4, 4-6, 6-1 pada final yang berlangsung di Olympic Tennis Centre, Minggu (14/8/2016) pagi WIB.

Puig memastikan kemenangan atas Juara Australia Terbuka 2016 itu setelah bertarung selama 129 menit.

"Saya terdiam karena sangat menginginkan medali (olimpiade ini)," kata Puig seperti dilansir NPR.

"Saya tidak pernah membayangkan sebelumnya kalau mimpi saya akan menjadi kenyataan. Saya sadar hidup saya akan sedikit berubah dengan kemenangan ini, tetapi ada beberapa hal yang tidak berubah karena saya mencintai apa yang saya lakukan," tutur pemain berusia 22 tahun ini.

Pada set pertama, Puig melakukan dua kali break point untuk menang dengan skor 6-4. Banyaknya unforced error yang dilakukan Puig di set kedua dengan catatan 16 kali membawa Kerber menang dengan skor 6-4.

Puig kembali bangkit pada set ketiga dengan melakukan dua kali break point. Sementara itu, Kerber tak bisa memanfaatkan enam kesempatan untuk melakukan break point. Petenis 34 dunia itu menyudahi permainan dengan skor 6-1.

Puig menjadi petenis tunggal putri non-unggulan pertama yang menjadi peraih emas olimpiade. Dia juga menyumbangkan emas pertama untuk Puerto Riko sepanjang sejarah olimpiade.

Puerto Riko mulai mengirimkan atlet sejak 1948 dan telah mengumpulkan delapan medali, tetapi bukan medali emas.

"Ini merupakan turnamen dan momen terhebat dalam hidup saya. Saya sangat menginginkannya, saya berjuang dengan sepenuh hati dan jiwa di lapangan dan saya menyadari negara sangat menginginkan kemenangan ini," ucap Puig.

Sementara itu, pada laga perebutan medali perunggu, Petra Kvitova (Republik Ceko) berhasil mengalahkan Madison Keys (Amerika Serikat) dengan 7-5, 2-6, 6-2. (Delia Mustikasari)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber JUARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.