Kompas.com - 11/08/2016, 16:18 WIB
Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, memasang alat komunikasi sebelum turun pada sesi latihan ketiga GP Hongaria di Hungaroring, Sabtu (23/7/2016). MANOR GRAND PRIX RACING LTDPebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, memasang alat komunikasi sebelum turun pada sesi latihan ketiga GP Hongaria di Hungaroring, Sabtu (23/7/2016).
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Rio Haryanto berharap bisa kembali menjalani balapan Formula 1 (F1) secepat mungkin. Hal itu diutarakan Rio setelah menerima tawaran sebagai pebalap cadangan Manor Racing, Kamis (11/8/2016).

Untuk F1 musim 2016, Rio hanya bisa menikmati 12 seri. Terakhir, dia memacu mobilnya pada GP Jerman di Hockenheimring, 29 Juli hingga 31 Juli 2016.

Setelah itu, Manor mengganti Rio dengan Esteban Ocon. Pergantian itu diputuskan Manor karena Rio selaku pay driver tidak mampu memenuhi sisa pembayaran.

Pada sisa musim, Rio tidak putus harapan meskipun cuma berstatus pebalap cadangan. Dia bahkan mengapresiasi pihak Manor karena masih mau memberikan kesempatan.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada tim Manor Racing yang telah membuka kesempatan tidak cuma kepada saya, tetapi juga seluruh masyarakat Indonesia yang ingin memiliki wakil di F1," ucap Rio dalam rilis yang diterima Kompas.com.

"Saya berusaha untuk kembali bertanding di F1 secepat mungkin," tutur pebalap asal Solo itu.

Selanjutnya, Rio hanya bisa menunggu giliran apabila salah satu dari Pascal Wehrlein atau Esteban Ocon berhalangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, dia tetap memendam harapan khusus untuk sisa musim. Dari sembilan seri tersisa, tiga di antaranya bakal digelar di Asia.

"Sebagai satu-satunya wakil dari Asia, saya juga berharap tampil di Grand Prix Singapura, Malaysia, Jepang, dan Abu Dhabi," ucap Rio.

"Suporter dari Indonesia sudah tidak sabar untuk datang langsung ke sirkuit," kata dia.

Balapan paling dekat yang bakal diselenggarakan di Asia adalah GP Singapura, yaitu dari 16 September hingga 18 September 2016.

Kompas TV Kedatangan Rio di Shanghai Disambut Hangat
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.