Kompas.com - 07/08/2016, 11:04 WIB
Sri Wahyuni memamerkan medali perak yang diterimanya dari cabang angkat berat kelas 48 kg, Sabtu (6/8/2016). PIPIT PUSPITA RINI/KOMPAS.COMSri Wahyuni memamerkan medali perak yang diterimanya dari cabang angkat berat kelas 48 kg, Sabtu (6/8/2016).
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Rasa bangga ditunjukkan rakyat Indonesia atas keberhasilan Sri Wahyuni meraih medali perak dari cabang angkat berat, Sabtu (6/8/2016) atau Minggu pagi WIB. Ini merupakan medali pertama Indonesia di Olimpiade Rio 2016.

Sri Wahyuni yang turun di kelas 48 kg mencatat total angkatan 192 kg, terdiri atas 85 kg snatch dan 107 clean & jerk.

Sanjungan pun dilayangkan oleh sejumlah kalangan. Mulai dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, hingga masyarakat umum berkicau di media sosial soal keberhasilan Yuni, begitu biasa Sri Wahyuni dipanggil.

"Lifter putri Sri Wahyuni memperoleh medali perak pada Olimpiade Rio 2016. Rakyat Indonesia bangga," ucap Jokowi.

"Selamat, Sri Wahyuni, yang mempersembahkan medali pertama bagi Indonesia," tulis mantan atlet renang Indonesia, Richard Sam Bera.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kian keras usahamu mengejar target, makin besar kebahagiaan saat target tercapai. Terima kasih untuk perjuanganmu, Sri Wahyuni," tutur Menpora.

Seusai pengalungan medali, Yuni terlihat menitikkan air mata kebahagiaan. Iman Brotoseno melihat hal tersebut memiliki persamaan dengan keberhasilan srikandi panahan Indonesia yang meraih medali perak pada Olimpiade 1988.

Dengan keberhasilan meraih medali perak, Yuni akan mendapat bonus Rp 2 miliar dari pemerintah. Dia juga akan mendapatkan tunjangan hari tua Rp 15 juta per bulan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.