Kostum Kontingen Indonesia Jadi Perhatian Dunia

Kompas.com - 06/08/2016, 19:59 WIB
FRANCK FIFE/AFP Kostum Indonesia saat defile pembukaan Olimpiade 2016, Jumat (5/8/2016).

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com - Kostum tim Indonesia yang dipakai pada defile di upacara pembukaan Olimpiade 2016, Jumat (5/8/2016) atau Sabtu pagi WIB, mendapatkan pujian. USA Today bahkan menempatkan kostum Indonesia sebagai salah satu yang terbaik.

Atlet Indonesia menggunakan jas berwarna sesuai bendera negara dengan gambar Garuda di bagian depan. Beberapa atlet yang lain menggunakan pakaian tradisional daerah, termasuk sang pembawa bendera, Maria Londa.

Defile Indonesia itu menggunakan perhatian publik. Situs USA Today bahkan menempatkan Indonesia di posisi ke-8 dari 17 kostum terbaik yang digunakan pada saat pembukaan Olimpiade 2016.

Sejumlah netizen pun memuji kostum yang dipakai oleh para atlet Indonesia.

"Kostum Indonesia menjadi yang paling impresif sejauh ini," kicau Ahmed Al Omran, korespon Wall Street Journal melalui akun Twitter pribadinya.

"Indonesia menjadi kostum favorit kedua di daftar saya," tulis Matt Pepin, editor olahraga di Boston Globe, tanpa merujuk siapa favoritnya yang pertama.

Sanjungan dari publik dunia itu sekaligus meredam nada miring dari sejumlah netizen tanah air. Sebelumnya, kostum rancangan Prima Suci Ariani itu sempat mendapat kritik dari berbagai kalangan, termasuk beberapa pesohor.

Dari 17 kostum terbaik, tim editor USA Today menempatkan Mongolia sebagai defile dengan kostum terbaik. Menariknya, kontingen Amerika Serikat yang menggunakan kostum rancangan Ralph Lauren tidak termasuk daftar tersebut.

17 kostum terbaik pada upacara pembukaan Olimpiade 2016 versi For the Win USA Today:

1. Mongolia
2. Israel
3. India
4. Dominika
5. Barbados
6. Benin
7. Aruba
8. Indonesia
9. Inggris Raya
10. Hungaria
11. Jibouti
12. Kanada
13. Belarus
14. Tim Pengungsi
15. Serbia
16. Swedia
17. Sierra Leone



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorJalu Wisnu Wirajati

Terkini Lainnya


Close Ads X