Kompas.com - 04/08/2016, 07:22 WIB
Petenis Inggris Raya, Andy Murray, memgang trofi juara Wimbledon yang didapat setelah mengalahkan petenis Kanada, Milos Raonic, pada laga final di The All England Lawn Tennis Club, Minggu (10/7/2016). LEON NEAL/AFP PHOTOPetenis Inggris Raya, Andy Murray, memgang trofi juara Wimbledon yang didapat setelah mengalahkan petenis Kanada, Milos Raonic, pada laga final di The All England Lawn Tennis Club, Minggu (10/7/2016).
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Petenis Skotlandia, Andy Murray, didaulat menjadi pembawa bendera Inggris Raya pada acara defile di pembukaan Olimpiade 2016, Rio de Janeiro, Brasil, Jumat (5/8/2016).

Dalam pemilihan yang dilakukan, Murray menyisihkan petinju Nicola Adams dan atlet dayung Katherine Grainger. Atlet berusia 29 tahun itu pun menjadi petenis pertama yang dipercaya menjalani peran tersebut.

"Memimpin tim Inggris Raya adalah kebanggaan luar biasa, terbesar di olahraga," kata Murray kepada BBC.

Murray merupakan salah satu pendulang medali emas bagi Inggris Raya di Olimpiade 2012, London. Dia menyumbang medali emas dari nomor tunggal putra dan perak dari nomor ganda campuran.

"Saya masih sangat mengingat memori di London. Sekarang pun saya fokus 100 persen untuk meraih kemenangan di sini, di Rio," tutur Murray.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Menjadi pembawa bendera adalah momen yang bakal selalu saya ingat dalam sisa hidup saya. Hal itu juga menjadi momen penting dalan karier saya," ujar juara Wimbledon 2016 itu.

Komite Olimpiade Inggris Raya (BOA) memilih Murray setelah setiap cabang olahraga memilih satu wakilnya untuk diseleksi oleh tim panel. Empat tahun lalu, pebalap sepeda Sir Chris Hoy dipercaya menjadi pembawa bendera Inggris Raya.

Berbeda dengan cabang sepak bola, Inggris tidak muncul sebagai negara tunggal di Olimpiade. Di Komite Olimpiade Internasional (IOC), Inggris, Skotlandia, Wales, Irlandia Utara membawa panji yang sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.