Kompas.com - 31/07/2016, 17:46 WIB
|
EditorPipit Puspita Rini

SUZUKA, KOMPAS.com - Pol Espargaro dan Katsuyuki Nagasuka kembali menjuarai Suzuka 8 Hours bersama tim Yamaha Factory Racing Team di Sirkuit Suzuka, Jepang, Minggu (31/7/2016).

Tahun lalu, Espargaro dan Nagasuka juga keluar sebagai juara bersama Bradley Smith. Pada edisi 2016, Espargaro dan Nagasuka juara bersama pebalap Kejuaraan Dunia Superbike asal Inggris, Alex Lowes.

Tim Yamaha mengawali balapan dari pole position setelah mencatatkan waktu tercepat pada Top 10 Trial, Sabtu (30/7/2016), yakni 2 menit 6,258 detik.

Peluang tim Yamaha untuk menjuarai Suzuka 8 Hours kian terbuka menyusul kerusakan teknis mesin motor tim Musashi RT Harc-Pro yang diperkuat juara dunia MotoGP 2006, Nicky Hayden, pada lap ke-74.

Tanpa Musashi, Espargaro dkk mendapatkan perlawanan dari Team GREEN (Akira Yanagawa, Kazuki Watanabe, dan Leon Haslam) dan tim Yoshimura Suzuki Shell Advance (Takuya Tsuda, Joshua Brookes, dan Noriyuki Haga).

Memasuki tiga jam terakhir balapan, Espargaro dkk masih berada di posisi terdepan. Sementara itu, tim Yoshimura dan Team GREEN bersaing memperebutkan posisi runner-up.

Tim Yamaha terus memimpin ketika para pebalap sudah menyalakan lampunya, pertanda matahari mulai terbenam. Mereka sudah tak terbendung lagi kala balapan menyisakan waktu 10 menit.

Pebalap terakhir tim Yamaha, Lowes, melaju tanpa gangguan dan akhirnya finis di urutan pertama. Selama delapan jam, tim Yamaha menyelesaikan 218 putaran dan masuk pit stop 7 kali.

Team GREEN dan Yoshimura tetap bertahan di posisi ke-2 dan ke-3. Sementara itu, Musashi RT Harc-Pro yang diperkuat Hayden, harus puas finis di urutan ke-64.

Adapun Satu HATI Honda Team Asia yang hanya diperkuat dua pebalap yakni Dimas Ekky Pratama (Indonesia) dan Muhammad Zaqhwan Zaidi (Malaysia), menuntaskan balapan dengan finis di urutan ke-8.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.