Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Start dari Posisi Paling Belakang, Ali Adrian Finis di Urutan Ke-4

Kompas.com - 18/07/2016, 08:05 WIB

ARAGON, KOMPAS.com - Pebalap muda Indonesia, Ali Adrian, finis di urutan keempat pada balapan RFME Campeonato de Espana di Sirkuit MotorLand Aragon, Minggu (17/7/2016).

Adrian yang turun di kelas Superstock Open mengawali balapan dari posisi start paling belakang atau ke-33. Dia mengalami masalah dengan motor saat sesi kualifikasi, Sabtu (16/7/2016).

"Sebenarnya saya kurang senang dengan balapan tadi. Setelah start, saya sudah bisa melewati banyak pebalap saat tiba di tikungan 1. Terus ada yang menyenggol saya, dan saya keluar jalur," kata Adrian.

"Pas masuk jalur lagi, saya kehilangan beberapa posisi. Saya mulai maju lagi, lalu di tikungan 3 pebalap di depan saya jatuh. Saya harus mengerem, keluar jalur, dan kehilangan beberapa posisi lagi," ujarnya menambahkan.

Balapan 13 putaran ini berjalan di cuaca yang sangat panas. Suhu udara saat balapan adalah 38 derajat Celcius dan suhu aspal mencapai 55 derajat Celcius.

Sebelum balapan, Adrian mendapat pesan dari menajernya, David Garcia, untuk tidak terlalu memaksa pada putaran-putaran awal supaya tidak cepat kehabisan ban.

"Pada putaran-putaran awal yang penting saya bisa tetap berada di rombongan depan. Enam putaran terakhir baru gas pol banget. Makanya lap time enam putaran terakhir saya lebih bagus dari tujuh yang pertama," ujar anak kedua dari empat bersaudara tersebut.

Adrian juga mengaku mendapat banyak pelajaran dari ikut balapan lokal di Spanyol ini, terutama soal riding style atau gaya balapan.

"Riding style saya masih sering salah, jadi hasilnya belum maksimal. Makanya, kadang setting motor terasa aneh, terus ban habis lebih cepat. Nanti di Almeria akan dibenerin," kata Adrian.

Selama di Spanyol, Adrian tinggal di Circuito de Almeria, salah satu sirkuit milik Garcia. Setelah balapan di Aragon, malamnya Adrian langsung kembali ke Almeria yang berjarak tujuh jam perjalanan dengan mobil.

Adrian akan langsung berlatih lagi pada Senin (18/7/2016) pagi waktu setempat di Almeria.

"David bilang sih istirahat dulu enggak apa-apa, tetapi saya pilih latihan saja. Saya bisa istirahat di mobil saat perjalanan ke Ameria," ucapnya lagi.

Adrian saat ini ikut CEV International Championship nomor Moto2 European Champioship. Dia akan turun pada seri keenam di Sirkuit Algarve, Portugal, 25-28 Agustus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com