Kompas.com - 09/07/2016, 00:04 WIB
EditorPipit Puspita Rini

LONDON, KOMPAS.com - Milos Raonic mencatat sejarah dengan menjadi petenis Kanada pertama yang berhasil menembus babak final turnamen Grand Slam.

Raonic lolos ke babak final turnamen Wimbledon setelah mengalahkan Roger Federer (Swiss) 6-3, 6-7(3), 4-6, 7-5, 6-3 di The All England Lawn Tennis Club, London, Jumat (8/7/2016).

Dia juga menjadi petenis non-Eropa pertama yang menjadi finalis di Wimbledon sejak terakhir Andy Roddick (AS) melakukannya pada 2009.

"Akan ada efek yang lebih besar (di Kanada) jika saya bisa juara. Saya masih belum selesai," kata Raonic setelah pertandingan.

Bermain di Center Court, Raonic langsung membuat kejutan dengan memenangi set pertama. Federer membalikkan keadaan setelah memenangi dua set berikutnya.

Set keempat jadi momen paling menegangkan bagi kedua pemain. Federer punya peluang memaksa tiebreak saat memegang servis dengan posisi 5-6, 40/0.

Namun, Raonic mengejar. Satu pukulan forehand tajam dan dua kali double fault Federer mengubah kedudukan menjadi deuce.

Pada set point ketiganya, Raonic melancarkan pukulan backhand keras yang tak bisa diantisipasi Federer. Kedudukan berubah 2-2.

Pada set kelima atau penentuan, Raonic sepenuhnya memegang kendali. Federer, yang sempat menjalani perawatan sebelum set ini dimulai, kembali ke kursi dan dipijit setelah sempat terjatuh pada gim ketiga.

Federer bisa meneruskan pertandingan, tetapi tidak bisa mengimbangi permainan Raonic. Raonic akhirnya menutup pertandingan selama 3 jam 25 menit tersebut dengan kemenangan.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.