Rio Finis Ke-16, Wehrlein Raih Poin Pertama, Hamilton Juara GP Austria

Kompas.com - 03/07/2016, 20:58 WIB
Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, memacu mobilnya pada sesi kualifikasi GP Eropa di Sirkuit Baku, Azerbaijan, Sabtu (18/6/2016). MANOR GRAND PRIX RACING LTDPebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, memacu mobilnya pada sesi kualifikasi GP Eropa di Sirkuit Baku, Azerbaijan, Sabtu (18/6/2016).
EditorPipit Puspita Rini

SPIELBERG, KOMPAS.com - Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, berhasil menyelesaikan balapan GP Austria di Red Bull Ring, Minggu (3/7/2016), dengan finis di urutan ke-16.

Rekan satu timnya, Pascal Wehrlein (Jerman), finis di urutan ke-10 dan berhak atas raihan satu poin.

Balapan 71 putaran ini dimenangi pebalap Mercedes, Lewis Hamilton. Bagi pebalap Inggris tersebut, ini merupakan kemenangan ketiganya pada 2016.

Hamilton mengawali balapan dengan baik dari pole position. Jenson Button (McLaren Honda) naik satu tempat dari posisi start ketiga.

Nico Hulkenberg (Force India) yang start dari posisi kedua merosot ke posisi keeempat, di depan Nico Rosberg (Mercedes).

Pada lap ketiga, balapan Daniil Kvyat (Toro Rosso) berakhir karena ada masalah mesin.

Pada lap keempat, Rosberg yang mendapat penalti turun lima posisi start sudah berada di urutan ke-4 setelah melewati Hulkenberg.

Kimi Raikkonen (Ferrari) naik ke urutan kedua setelah melewati Button pada lap ketujuh. Button kembali turun ke posisi keempat setelah dilewati Rosberg pada lap berikutnya.

Pascal Wehrlein (Manor Racing) melaporkan hujan turun di tikungan 2, tetapi belum ada perubahan strategi.

Hamilton melakukan pit stop pada akhir lap ke-21. Saat kembali, dia berada di urutan keempat, di belakang Raikkonen, Vettel, dan Rosberg.

Pada lap berikutnya, giliran Raikkonen yang melakukan pit stop. Vettel yang hari ini genap berusia 29 tahun memimpin balapan.

Di belakang, Wehrlein bersaing dengan Kevin Magnussen (Renault).

Safety Car (SC) masuk ke lintasan menyusul insiden yang menimpa Vettel. Ban kanan belakang Vettel rusak saat melewati lintasan lurus start/finis pada lap ke-27.

Vettel tengah memimpin balapan ketika insiden terjadi. Rosberg yang ada di belakangnya berhasil menghindari mobil Vettel yang melintir melewati lintasan.

SC meninggalkan lintasan jelang akhir lap ke-31. Balapan dilanjutkan dengan Rosberg memimpin di depan Hamilton, Max Verstappen (Red Bull Racing), Daniel Ricciardo (Red Bull Racing), dan Raikkonen.

Hamilton melakukan pit stop kedua saat memasuki putaran ke-55. Dia bergabung di lintasan dengan berada di urutan ketiga.

Pada lap berikutnya, giliran Rosberg yang melakukan pit stop. Saat kembali, dia beraada di urutan kedua, di belakang Verstappen.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X