Kompas.com - 28/06/2016, 15:39 WIB
Pebalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez (depan), memacu motornya di depan pebalap Suzuki Ecstar asal Spanyol, Aleix Espargaro (tengah), dan pebalap Ducati asal Italia, Andrea Iannone, pada balapan GP Belanda di Sirkuit Assen, Minggu (26/6/2016). MOTOGP.COMPebalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez (depan), memacu motornya di depan pebalap Suzuki Ecstar asal Spanyol, Aleix Espargaro (tengah), dan pebalap Ducati asal Italia, Andrea Iannone, pada balapan GP Belanda di Sirkuit Assen, Minggu (26/6/2016).
EditorPipit Puspita Rini

KOMPAS.com - Enam tim pabrikan sudah menetapkan daftar pebalap mereka yang akan bersaing pada MotoGP 2017. Pebalap Spanyol, Aleix Espargaro, merupakan rider terakhir yang mengisi posisi kursi pebalap tim pabrikan.

Espargaro akan meninggalkan Suzuki pada akhir musim 2016. Dia mengikat kontrak dengan Aprilia untuk dua musim mendatang.

Kepastian akan keluarnya Espargaro dari Suzuki diketahui pada Senin (20/6/2016), ketika tim pabrikan asal Jepang itu mengumumkan bahwa pebalap Moto2 asal Spanyol, Alex Rins, akan menjadi pendamping Andrea Iannone pada musim depan.

Pengumuman soal bergabungnya Espargaro dengan Aprilia ini rencananya diumumkan pada Kamis (23/6/2016), dalam konferensi pers jelang GP Belanda di Sirkuit Assen, 24-26 Juni.

Namun, Espargaro tidak bisa datang karena ada keterlambatan jadwal penerbangan. Akhirnya, pengumuman dilakukan beberapa jam setelah balapan GP Belanda selesai, Minggu (26/6/2016).

Espargaro akan menjadi rekan satu tim Sam Lowes (Inggris), yang tengah bersaing dalam perebutan gelar juara dunia Moto2.

Dengan kepastian dikontrakanya Lowes dan Espargaro, berarti Stefan Bradl (Jerman) dan Alavaro Bautista (Spanyol) harus meninggalkan Aprilia pada akhir musim nanti.

Baustista mengaku tengah dalam pembicaraan dengan Aspar Ducati, sementara Bradl kemungkinan akan meninggalkan MotoGP.

Berikut daftar sementara para pebalap MotoGP 2017.

        Tim                        Pebalap
Movistar Yamaha  Valentino Rossi (Italia), Maverick Vinales (Spanyol)
Repsol Honda       Marc Marquez (Spanyol), Dani Pedrosa (Spanyol)
Ducati                    Jorge Lorenzo (Spanyol), Andrea Dovizioso (Italia)
Suzuki Ecstar         Andrea Iannone (Italia), Alex Rins (Spanyol)
Aprilia                    Sam Lowes (Inggris), Aleix Espargaro (Spanyol)
KTM                        Bradley Smith (Inggris), Pol Espargaro (Spanuol)
Tech 3 Yamaha      Jonas Folger (Jerman), (menyusul)
LCR Honda             Cal Crutchlow (Inggris)
Marc VDS Honda    (menyusul)
Pramac Ducati        (menyusul)
Avintia Ducati         (menyusul)
Aspar Ducati           (menyusul)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.