Alex Rins Akan Membalap untuk Suzuki pada MotoGP 2017 - Kompas.com

Alex Rins Akan Membalap untuk Suzuki pada MotoGP 2017

Kompas.com - 21/06/2016, 13:34 WIB
JEAN-FRANCOIS MONIER/AFP PHOTO Pebalap Moto2 asal Spanyol, Alex Rins, merayakan kemenangannya di atas podium Sirkuit Le Mans setelah finis di urutan pertama pada GP Perancis, Minggu (8/5/2016).

KOMPAS.com - Pebalap Spanyol yang kini berlaga di Moto2 bersama Paginas Marillas HP40, Alex Rins, akan bergabung dengan Andrea Iannone (Italia) untuk membela Suzuki pada MotoGP 2017.

Rins sudah dikabarkan didekati Suzuki sejak Maverick Vinales resmi akan bergabung dengan Yamaha mulai muism depan. Pebalap 20 tahun tersebut menandatangani kontrak dua musim bersama Suzuki.

"Alex Rins merupakan pebalap muda yang sudah terbukti berbakat, selalu bersaing dalam perebutan posisi atas di Kejuaraan Dunia sejak debutnya di setiap kelas," kata Manajer Suzuki Davide Brivio.

"Hal itu membuatnya menjadi tipe pebalap yang ingin kamu dukung untuk masa depan," kata Brivio menambahkan.

Brivio mengatakan bahwa Iannone dan Rins akan menjadi kombinasi yang sempurna. Salah satunya memiliki pengalaman, sementara rider lainnya merupakan pebalap muda berbakat.

"Kami yakin, dengan kombinasi pebalap tersebut, disertai pengembangan lebih lanjut dari Suzuki GSX-RR, akan membantu kami membentuk tim yang kuat agar bisa bersaing di level maksimum," kata Brivio.

Suzuki menerapkan kombinasi pebalap berpengalaman dan rider muda sejak kembali ke MotoGP pada 2014. Rins menggantikan posisi Vinales yang dua tahun lalu menjalani persaingan MotoGP sebagai rookie.

Vinales memutuskan meninggalkan Suzuki pada akhir musim nanti untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Jorge Lorenzo (Spanyol) di Movistar Yamaha.

Lorenzo memilih bergabung ke Ducati dan akhirnya memaksa Iannone meninggalkan tim asal Italia tersebut. Iannone akan mengisi posisi pebalap senior di Suzuki, menggantikan Aleix Espargaro.

"Bukan keputusan yang mudah dan kami minta maaf kepada Aleix. Kami berterima kasih kepadanya atas kerja keras dan semangatnya yang dinyatakan dalam proyek kami, sejak itu dimulai," kata Brivio.

"Semoga dia mendapatkan yang terbaik pada masa mendatang. Namun, sampai saat itu tiba, kami akan mendukung dia demi mendapatkan hasil terbaik yang bisa kami raih bersama pada akhir musim," ucap Brivio menambahkan.

Rins merupakan pebalap Moto2 ketiga yang akan naik ke MotoGP musim depan. Sebelumnya, Sam Lowes sudah mengikat kontrak dengan Aprilia, sementara Jonas Folger akan memberkuat Yamaha Tech3.

Rins saat ini memimpin klasemen sementara Moto2 dengan koleksi 116 poin. Lowes menyusul di urutan kedua, tertinggal 8 angka dari Rins.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorPipit Puspita Rini
SumberCrash

Close Ads X