Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balapan Penuh Insiden, Hamilton Juara, dan Rio Finis Ke-15

Kompas.com - 29/05/2016, 21:17 WIB

MONACO, KOMPAS.com - Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, meraih kemenangan perdananya musim ini setelah finis di urutan pertama pada balapan GP Monako, Minggu (29/5/2016).

Hamilton memulai balapan di sirkuit jalan raya di kota Monaco ini dari posisi start ke-3. Dia naik ke urutan pertama pada pertengahan sesi.

Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, berhasil menyelesaikan balapan tanpa mengalami insiden. Dia finis di urutan ke-15.

Balapan 78 lap ini dimulai dengan safety car (SC) memimpin karena hujan masih turun. SC akhirnya masuk pada lap ke-7 dan balapan normal dimulai.

Namun, hanya beberapa saat kemudian insiden menimpa Jolyon Palmer (Renault). Mobilnya menabrak pembatas hingga akhirnya berhenti di Sainte Devote.

Virtual safety car (VSC) muncul. Balapan kembali normal pada lap ke-10.

Insiden kembali terjadi dan kali ini menimpa Kimi Raikkonen (Ferrari). Dia menabrak pembatas saat melewati hairpin dan sempat membuat Felipe Massa (Williams) dan Romain Grosjean (Haas) kesulitan.

Bagian depan mobil Raikkonen mengalami kerusakan dan dia tidak bisa melanjutkan balapan.

Pada lap ke-21, Daniil Kvyat (Red Bull Racing) dan Kevin Magunussen (Renault) bersenggolan di tikungan 18.

Sementara itu, Max Verstappen (Red Bull Racing) yang start dari posisi ke-21 sudah berada di tengah. Pada lap ke-25, dia berada di posisi ke-10 setelah melewati Jenson Button (McLaren)

Dengan lintasan yang mengering, para pebalap mulai berganti dengan slick tyres. Marcus Ericsson (Sauber) yang pertama melakukannya dengan memakai ban berkompon ultrasoft.

Hamilton menyusul berganti ban supersoft pada lap ke-31. Pada lap berikutnya, giliran Ricciardo yang masuk pit stop.

Namun, saat Ricciardo masuk untuk berganti ban supersoft, kru-nya belum siap.

Saat kembali ke lintasan setelah kehilangan beberapa waktu, Ricciardo berada di belakang Hamilton yang memimpin balapan.

Red Bull kembali mengalami masalah. Kali ini Verstappen yang harus mengakhiri balapan karena menabrak pembatas di Casino Square.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com