Kompas.com - 09/05/2016, 16:07 WIB
Sanggoe Darma Tanjung Sanggoe Darma Tanjung
EditorTjahjo Sasongko

JAKARTA, Kompas.com — Dua atlet extreme sport Indonesia berhasil meraih gelar di ajang bergengsi internasional, Festival International des Sports Extremes (FISE) Sport Series 2016 di Montpellier, Perancis.

Menpora Imam Nahrawi mengapresiasi keberhasilan dua atlet extreme sport Indonesia yang berhasil meraih gelar di ajang bergengsi internasional, Festival International des Sports Extremes (FISE) Sport Series 2016 di Montpellier, Perancis. Keberhasilan ini membuktikan bahwa atlet extreme sport Merah Putih bisa bersaing dan bahkan menang di event level kelas dunia.

“Selamat kepada atlet extreme sport Indonesia, Januar Susanto dan Sanggoe yang menjuarai FISE Sport Series 2016 Perancis. Ini pertama kalinya kita mengirimkan atlet ke event extreme sport bergengsi tersebut. Dari enam yang dikirim, alhamdulillah dua atlet berhasil juara,” kata Menpora mengomentari keberhasilan dua atlet extreme sport tersebut.

Januar Susanto yang biasa dipanggil Botay berhasil menjuarai nomor BMX Flatland kelas master. Ia mendapatkan poin 87,67 serta menyingkirkan pesaingnya dari negara Perancis, Spanyol, dan Italia di final. Botay menyumbangkan medali emas untuk Indonesia dan mendapatkan satu sepeda. Padahal, sebelumnya Botay masuk kualifikasi kelas amatir dan disarankan ikut kelas master setelah para juri melihat keterampilannya. Tak disangka, pemuda yang biasa tampil di sinetron "Go BMX" MNCTV ini justru menjadi nomor wahid.

Sementara itu, atlet Indonesia lain yang turun di kelas skateboarding amatir, Sanggoe Darma Tanjung, tampil sebagai juara di final. Sanggoe memenangi babak pamungkas setelah sebelumnya memimpin sejak babak kualifikasi. “Berkat dukungan masyarakat khususnya Kemenpora, saya sangat bangga dapat membawa nama baik Indonesia ke mata dunia,” tutur skater yang masih berusia 14 tahun tersebut mengenai keberhasilannya.

Januar Susanto

Staf Khusus Menpora Bidang Olahraga, M Khusen Yusuf, yang melepas keberangkatan para atlet extreme sport Indonesia ke Perancis pekan lalu, mengakui hasil yang dicapai atlet Indonesia di FISE Sport Series 2016 kali ini di luar dugaan. Sebab, ini kali pertama Indonesia tampil di ajang ini dan tidak ada beban target muluk-muluk kepada mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Karena ini yang pertama, tadinya cukup untuk menimba pengalaman saja dan mereka diarahkan mengikuti kelas amatir. Tapi, dalam perkembangannya justru hasilnya cukup membanggakan. Ini memperlihatkan bahwa kualitas atlet extreme sport kita tidak kalah dibanding atlet luar negeri. Selamat kepada Sanggoe! Selamat kepada Botay! Good job tim extreme sport Indonesia,” tutur Khusen.

Tahun lalu, Khusen berkesempatan melihat langsung event FISE Sport Series di Montpellier untuk menjajaki kemungkinan pengiriman atlet dan mendiskusikan event tersebut dibawa ke Indonesia. Pengiriman atlet akhirnya bisa direalisasikan tahun ini dengan hasil yang membanggakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.