Kompas.com - 09/05/2016, 11:56 WIB
Pemain Satria Muda Britama, Arki Dikania Wisnu (tengah), mencoba menerobos pertahanan tim Stadium Jakarta saat bertemu pada semiifnal National Basketball League (NBL) di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (7/5/2015). KOMPAS.COM/RODERICK ADRIAN MOZESPemain Satria Muda Britama, Arki Dikania Wisnu (tengah), mencoba menerobos pertahanan tim Stadium Jakarta saat bertemu pada semiifnal National Basketball League (NBL) di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (7/5/2015).
EditorAloysius Gonsaga AE

JAKARTA, KOMPAS.com - Satria Muda Pertamina mendapatkan tiket babak playoff IBL 2015-2016. Raksasa bola basket Indonesia ini meraihnya setelah finis di posisi keempat musim reguler kasta tertinggi bola basket di Tanah Air.

Pada laga pamungkas musim reguler di GOR Kertajaya, Surabaya, Minggu 1 Mei 2016 lalu, Satria Muda Pertamina menang atas Aspac, dengan skor 63-56. Alhasil, Satria Muda Pertamina mengoleksi 56 poin dari 33 pertandingan musim ini.

Babak playoff di Sports Mall Kelapa Gading, Jakarta, yang bergulir 15-29 Mei 2016 nanti, akan mempertemukan delapan tim terbaik pada musim reguler. Satria Muda Pertamina sebagai peringkat keempat akan menghadapi Garuda yang merupakan peringkat kelima.  

Owner Satria Muda Pertamina, Erick Thohir, merasa bangga dengan keberhasilan klubnya lolos ke babak playoff. Apalagi Satria Muda Pertamina masih mampu menempati peringkat empat besar tim terbaik di Indonesia.

Bagi Satria Muda Pertamina, musim ini terasa berat karena tim melakukan regenerasi selama dua tahun terakhir. Padahal sebelumnya, mereka mendominasi ajang bola basket di Tanah Air selama 16 tahun dengan meraih 9 kali juara.

Setelah juara tahun lalu, tim harus kehilangan dua pemain pilar, yaitu Bonanza Siregar dan Erick Sebayang yang memutuskan untuk pensiun. Satria Muda Pertamina juga tidak bisa memaksimalkan peran pemain inti, Vamiga Michael, karena cedera bahu sehingga tidak dapat bermain hingga akhir musim. Bahkan dalam beberapa seri terakhir musim reguler, tim pelatih juga tidak bisa menurunkan Christian Ronaldo Sitepu. Namun Dodo diharapkan dapat kembali main pada babak playoff.

Keberhasilan meraih tiket babak playoff, menurut Erick Thohir, tidak lepas dari peran serta kepemimpinan coach Cokorda Raka dan pemain seperti Arki Wisnu, Vinton Nolland, Rony Gunawan serta Christian Ronaldo Sitepu. Mereka bisa menjadi pemimpin dalam tim yang mayoritas diisi pemain muda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya yakin pada babak playoff nanti Satria Muda Pertamina bisa melakukan yang terbaik sesuai moto kami: Juara Indonesia - Indonesia Juara. Selain itu kami juga yakin bisa menghadapi berbagai tantangan lain untuk menjadi yang terbaik," tutur Erick Thohir yang juga Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) ini.

Di sisi lain, Erick Thohir atas nama keluarga besar Satria Muda Pertamina, tidak lupa menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya Amran A Sinta. Sekjen PB Perbasi itu meninggal dunia dalam usia 43 tahun, Rabu 4 Mei 2016, karena sakit.

"Almarhum saat masih aktif sebagai pemain pernah menjadi pemain terbaik Satria Muda pada 1999, bersama-sama dengan Fictor Roring dan Wahyu Widayat Jati. Kolaborasi mereka bersama pemain lain mampu memberi gelar juara buat Satria Muda untuk pertama kalinya," kata Erick Thohir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber JUARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.