Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossi, "Pole Position" Lagi di Jerez Setelah 11 Tahun

Kompas.com - 24/04/2016, 06:28 WIB

JEREZ, KOMPAS.com — Pada GP Spanyol 2005, Valentino Rossi memulai balapan dari pole position dan akhirnya berhasil finis di urutan pertama. Setelah 12 tahun, kesempatan untuk mengulang hasil tersebut datang.

Rossi akan memulai balapan GP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (24/4/2016), dari posisi start terdepan. Pebalap Movistar Yamaha tersebut mencatat putaran 1 menit 38,736 detik pada sesi kualifikasi yang mengantarnya ke pole position.

Rossi mengalahkan dua pesaing utamanya, Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha) dan Marc Marquez (Repsol Honda), yang akan mengawali balapan dari posisi kedua dan ketiga.

"Bagus bahwa saya bisa bersaing dengan Marquez dan Lorenzo di level ini dan bisa lebih cepat. Artinya, saya membalap dengan baik," kata Rossi dalam konferensi pers setelah sesi kualifikasi.

Sebelum GP Spanyol tahun ini, Rossi mendapatkan pole position terakhirnya pada GP Belanda di Sirkuit Assen, Juni 2015. Dia lalu menutup balapan dengan menjadi jawara.

"Rasanya menyenangkan waktu mendapatkan pole position di Assen tahun lalu karena, menurut saya, Jerez dan Assen berada di level yang sama," aku pebalap 37 tahun tersebut.

"Namun, mungkin tahun ini lebih baik. Tahun lalu, saya diprediksi akan kuat di Assen. Tahun ini, saya tadinya tidak yakin akan bisa kuat di Jerez," ujarnya lagi.

Rossi jarang meraih hasil bagus saat kualifikasi sejak sistem baru diberlakukan pada 2013. Durasi kualifikasi berubah menjadi 15 menit.

Musim ini, dia selalu berhasil mendapatkan baris terdepan start pada tiga balapan terakhir. Rossi pernah mendapatkan hasil seperti ini pada 2009. Ketika ditanya soal perbedaannya, Rossi menjawab tidak tahu.

"Ini mungkin karena saya tumbuh sebagai pebalap dengan ban ini (Michelin). Ketika berganti dengan Bridgestone (2008), saya sudah tua dalam karier saya," kata Rossi.

Rossi juga mengakui bahwa Jerez merupakan sirkuit yang sangat dia sukai. Ketika masih memakai ban Michelin, dia meraih banyak hasil bagus dan mengaku selalu sangat cepat di lintasan.

"Dengan Bridgestone, saya mengalami kesulitan di sini. Saya membalap dengan bagus, tetapi tidak cukup kuat, terutama tahun lalu. Pada akhirnya, saya memang naik podium (finis di posisi ketiga), tetapi saya mengalami kesulitan sepanjang akhir pekan," ujarnya.

Rossi saat ini berada di peringkat ketiga klasemen sementara dengan koleksi 33 poin. Marquez memimpin dengan 66 poin, sementara Lorenzo menempati urutan kedua dengan raihan 45 angka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Crash
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com