Kompas.com - 14/04/2016, 13:59 WIB
Pebasket Los Angeles Lakers, Kobe Bryant, duduk di bangku cadangan saat timnya bertemu Utah Jazz pada laga lanjutan NBA 2015-2016 di Staples Center, Rabu (13/4/2016). HARRY HOW/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/AFP PHOTOPebasket Los Angeles Lakers, Kobe Bryant, duduk di bangku cadangan saat timnya bertemu Utah Jazz pada laga lanjutan NBA 2015-2016 di Staples Center, Rabu (13/4/2016).
|
EditorPipit Puspita Rini

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Akhir manis dialami Kobe Bryant pada laga pamungkasnya sebagai pebasket profesional.

Bermain di hadapan publik Staples Center, Bryant mengantarkan LA Lakers menang 101-96 atas Utah Jazz, Rabu (13/4/2016) atau Kamis pagi WIB.

Pebasket berjulukan The Black Mamba itu mengemas 60 poin untuk kemenangan timnya. Ini merupakan kali kelima dia bisa membukukan 60 poin atau lebih dalam satu pertandingan.

Jumlah itu menjadikan dia sebagai pebasket pertama yang bisa mengemas lebih dari 30 poin pada laga terakhirnya menjelang pensiun.

Bryant melepas 50 tembakan pada pertandingan ini. Berdasar STATS, jumlah tembakan dalam satu pertandungan itu merupakan tertinggi di NBA dalam 30 tahun terakhir.

Sekitar 4,1 detik menjelang pertandingan berakhir, Bryant ditarik keluar. Sontak penonton Lakers meneriakkan nama, "Kobe... Kobe... Kobe...."

Pertandingan melawan Jazz menjadi akhir pengabdian 20 tahun Bryant sebagai pebasket profesional NBA. Selama dua dekade, dia setia berkostum Lakers dan mempersembahkan lima cincin juara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya tak bisa memercayai betapa cepat 20 tahun perjalanan karier ini," kata pemain pilihan ke-13 pada NBA Draft 1996 ini seusai pertandingan, seperti dilansir ESPN.

"Hal menarik dalam 20 tahun karier, biasanya pemain lain minta diumpan. Namun, malam ini mereka malah mengatakan 'jangan umpan!'," tutur Kobe.

Pada laga pamungkas Bryant, manajemen Lakers mengundang sejumlah mantan pemain untuk hadir, di antaranya Earvin "Magic" Johnson dan Shaquille O'Neal.

"Dia tidak pernah membohongi kami selaku suporter," kata Johnson.

"Kamu pemain terbaik yang pernah dimiliki Lakers " ucap O'Neal.

Beberapa pebasket dan legenda juga mengirimkan pujian via video yang diputar di Staples Center sebelum pertandingan. Sebagian yang lain juga mengucapkan via media sosial masing-masing.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.