Kompas.com - 11/04/2016, 08:24 WIB
EditorPipit Puspita Rini

AUSTIN, KOMPAS.com - Dua kali berturut-turut Andrea Dovizioso (Ducati) terjatuh saat menjalani balapan. Kondisi yang tidak menyenangkan bagi kubu Ducati karena Dovizioso terjatuh akibat tertabrak pebalap lain.

Pada GP Argentina, pekan lalu, dia terjatuh akibat tertabrak rekan satu timnya, Andrea Iannone, saat melewati tikungan kedua terakhir sebelum finis. Dovizioso tengah berada di posisi kedua.

Dia harus menyelesaikan balapan dengan berlari sambil menuntun motornya. Dovizioso finis di urutan ke-13.

Pada balapan GP Americas di Circuit of The Americas (COTA), Austin , Minggu (10/4/2016), dia kembali tertabrak pebalap lain, yakni Dani Pedrosa (Repsol Honda).

Dovizioso tengah melewati tikungan satu dan berada di urutan ketiga ketika motor Pedrosa meluncur menabrak motornya.

"Tabrakan tadi sangat keras. Wow, saya beruntung karena bisa saja kejadiannya lebih buruk. Motor ini sangat berat, jadi akibatnya bisa saja lebih buruk. Saya merasakan sakit di beberapa bagian, tetapi tidak terlalu buruk," kata Dovizioso usai balapan.

Setelah terjatuh, Pedrosa segera berdiri dan menghampiri Dovizioso untuk meminta maaf dan memastikan mantan rekan satu timnya di Honda tersebut tidak mengalami cedera.

Pedrosa kembali mendatangi Dovizioso di paddock Ducati setelah harus berhenti lebih awal dari balapan karena motornya yang tak lagi kompetitif.

"Saya sudah bertahun-tahun kenal Dani. Normalnya, dia bukan pebalap yang terlalu mengambil risiko. Semua tengah membalap dengan maksimal, kesalahan bisa saja terjadi," kata Dovizioso.

"Dani bukan kamikaze ( pasukan bunuh diri), yang mencoba melewatimu setiap kali memasuki tikungan. Ketika seseorang melakukan kesalahan dan menyebabakan masalah untuk pebalap lain, itu buruk. Namun, ini berbeda dengan balapan di Argentina," ujar pebalap Italia tersebut.

Dovizioso mengakui bahwa dia juga melakukan kesalahan saat melewati tikungan 1 sebelum kecelakaan terjadi. Dia terlambat mengerem dan sempat melebar.

"Menurut saya, Dani tengah mengikuti saya dan mengerem agak terlambat. Dia tidak bereaksi dengan cepat dan akhirnya terlambat untuk bertahan," ujar pebalap 30 tahun tersebut.

Dari tiga balapan yang sudah berlangsung, Dovizioso baru mengoleksi 23 poin dan kini berada di peringkat ketujuh klasemen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Crash
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.