Kompas.com - 10/04/2016, 12:55 WIB
Pebalap Movistar Yamaha asal Italia, Valentino Rossi, bereaksi setelah mencatat putaran waktu tercepat ketiga pada sesi kualifikasi GP Americas di Circuit of The Americas (COTA), Austin, Sabtu (9/4/2016). MOTOGP.COMPebalap Movistar Yamaha asal Italia, Valentino Rossi, bereaksi setelah mencatat putaran waktu tercepat ketiga pada sesi kualifikasi GP Americas di Circuit of The Americas (COTA), Austin, Sabtu (9/4/2016).
EditorPipit Puspita Rini

AUSTIN, KOMPAS.com - Dua seri berturut-turut pada MotoGP 2016, Valentino Rossi mendapatkan tempat start di baris terdepan. Pebalap Movistar Yamaha tersebut akan mengawali balapan GP Americas, Minggu (10/4/2016), dari posisi start ketiga.

Dua pekan lalu pada seri kedua musim ini, GP Argentina, Rossi memulai balapan dari posisi start kedua dan berhasil finis di posisi urutan yang sama.

Akhir pekan ini di Circuit of The Americas (COTA), Austin, Rossi akan melakukan start  berdampingan dengan Marc Marquez (Repsol Honda) sebagai pole-setter serta rekan satu timnya, Jorge Lorenzo, yang menempati tempat start kedua.

"Sangat penting untuk start dari baris terdepan karena Marquez dan Lorenzo sangat kuat. Posisi ini sangat penting jika saya ingin mencoba dan bertahan dengan mereka," kata Rossi setelah sesi kualifikasi, Sabtu (9/4/2016).

Rossi lalu ditanya bagaimana peluang Yamaha untuk memutus catatan selalu menang Marquez di Austin, sejak GP Americas menggelar grand prix pada 2013. Sambil bercanda Rossi menjawab itu masih butuh lima atau enam tahun lagi.

"Kami terus berkembang tahun demi tahun dan selangkah demi selangkah kami akan semakin dekat. Jika kami tetapi seperti itu, dalam lima atau enam tahun mungkin kami bisa menang!" ujar Rossi bercanda.

"Namun, lepas dari candaan saya, situasinya tidak berubah tahun demi tahun atau seri demi seri, tetapi terkadang latihan demi latihan," aku pemilik sembilan gelar juara dunia tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rossi menyebut Ducati sebagai contoh. Tim pabrikan asal Italia tersebut lebih cepat dari Yamaha pada hari pertama GP Americas, tetapi kondisinya berbalik pada hari kedua.

"Yang bisa kami lakukan adalah konsentrasi terhadap diri kami sendiri. Bagian pertama adalah memastikan start dari baris terdepan dan kami sudah mendapatkannya. Kami punya sesi pemanasan untuk mencari pilihan ban yang tepat dan mengerti ritme," ujar pebalap 37 tahun.

Dari tiga gelaran GP Americas sebelumnya, Rossi sekali mencicipi podium setelah finis di urutan ketiga, tahun lalu. Dia finis di urutan ke-6 pada GP Americas 2013 dan ke-8 pada tahun berikutnya.

Balapan GP Americas 2016 akan berlangsung Minggu (10/4/2016) mulai pukul 14.00 waktu setempat (Senin 02.00 WIB). Sebelumnya, para pebalap akan menjalani sesi pemanasan pada pukul 09.40 waktu setempat (21.40 WIB).



Sumber Crash
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.