Kompas.com - 06/04/2016, 14:25 WIB
Pebalap Movistar Yamaha asal Spanyol, Jorge Lorenzo, memegang ban belakang soft yang dia pilih saat balapan GP Qatar di Sirkuit Losail, Minggu (20/3/2016). MOTOGP.COMPebalap Movistar Yamaha asal Spanyol, Jorge Lorenzo, memegang ban belakang soft yang dia pilih saat balapan GP Qatar di Sirkuit Losail, Minggu (20/3/2016).
EditorPipit Puspita Rini

KOMPAS.com — Rumor seputar pindahnya Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha) ke Ducati untuk musim balap 2017 semakin santer terdengar. Bahkan, ada kabar bahwa sebenarnya kesepakatan sudah dibuat.

Namun, Sporting Director Ducati Corse Paolo Ciabatti menegaskan bahwa saat ini masih terlalu dini untuk memutuskan siapa pebalap yang akan mereka kontrak untuk 2017.

"Semua tahu bahwa kontrak (Marc) Marquez dan Lorenzo akan habis pada akhir musim nanti. Kami masih mencari kemungkinan dan berbicara dengan pebalap kami," kata Ciabatti.

Ciabatti juga menyebut bahwa tim lain pun berbicara dengan pebalap Ducati saat ini, Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone. Menurut pria Italia tersebut, itu merupakan hal yang wajar.

"Ini tidak berarti bahwa sudah ada kontrak yang ditandatangani. Semua orang mengatakan seolah kami sudah membuat keputusan dan sudah ada kontrak resmi, tetapi itu belum terjadi," ujarnya.

"Ini masih terlalu dini. Tidak terlalu dini untuk diskusi, tetapi terlalu dini untuk membuat keputusan. Kami tidak sedang terburu-buru. Ini baru dua seri, kami masih melihat beberapa kemungkinan," kata Ciabatti menambahkan.

Dovizioso dan Iannone secara bersamaan membela tim Ducati dalam dua musim terakhir. Mereka sudah naik podium dan meraih pole position, tetapi belum pernah menjadi juara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kali terakhir Ducati menjuarai balapan adalah pada GP Australia 2010 lewat pebalap yang kini menjadi penguji sekaligus duta mereka, Casey Stoner.

Ducati berpeluang besar menempatkan dua pebalap mereka di podium pada balapan GP Argentina di Autodromo Termas de Rio Hondo, akhir pekan kemarin.

Namun, Iannone terjatuh saat berusaha melewati Dovizioso di dua tikungan terakhir sebelum finis. Dovizioso tak bisa menghindar dan ikut terjatuh.

"Kami senang dengan performa dua pebalap kami meskipun kami akan lebih senang jika mereka tidak terlalu memaksa ketika tidak ada peluang untuk menyalip," ujar Ciabatti.

Dovizioso sudah mengatakan bahwa kepastian seputar masa depannya akan bergantung pada hasil beberapa balapannya musim ini, sementara Iannone dikabarkan mendapat tawaran dari Suzuki.

Pebalap Suzuki, Maverick Ecstar, diberitakan jadi incaran utama Yamaha jika Lorenzo akhirnya pergi. Repsol Honda juga disebut tertarik dengan performa Vinales.

Lorenzo sudah mendapatkan tawaran kontrak baru dari Yamaha dengan durasi dua tahun (2017 dan 2018), tetapi belum membuat keputusan.

Baca tentang


Sumber Crash
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.