Kompas.com - 04/04/2016, 02:04 WIB
Ban GP15 yang dikemudikan pebalap Pramac Ducati Scott Redding tiba-tiba “meledak” saat ia melaju di tikungan enam dalam free practice 4 GP Argentina yang digelar di sirkuit Autodromo Termas de Rio Hondo, Sabtu (2/4/2016). Crash.netBan GP15 yang dikemudikan pebalap Pramac Ducati Scott Redding tiba-tiba “meledak” saat ia melaju di tikungan enam dalam free practice 4 GP Argentina yang digelar di sirkuit Autodromo Termas de Rio Hondo, Sabtu (2/4/2016).
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

TERMAS DE RIO HONDO, KOMPAS.com - Race Direction harus menerapkan peraturan baru pada balapan GP Argentina di Autodromo Termas de Rio Hondo, Minggu (3/4/2016).

Hal ini diputuskan dengan pertimbangan utama keselamatan pebalap, menyusul adanya masalah pada ban belakang yang disediakan Michelin.

Salah satu perubahan penting yang harus dijalani pebalap adalah kewajiban melakukan flag-to-flag atau  pit stop untuk berganti motor dengan ban baru.

Hal ini pernah dilakukan pada GP Australia 2013, ketika ban Bridgstone tidak bisa beradaptasi maksimal dengan lapisan aspal baru Sirkuit Phillip Island.

Balapan juga dikurangi menjadi 20 putaran dari rencana awal 25 lap.

Berikut ini skenario balapan GP Argentina yang berlangsung Minggu (3/4/2016) mulai pukul 16.00 waktu setempat (Senin 02.00 WIB).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika balapan dimulai di lintasan kering: 

- Pebalap harus berganti motor dengan ban baru pada akhir lap ke-9, atau ke-10, atau ke-11. 

- Jika hujan turun dan Race Direction menilai balapan jadi berbahaya, bendera merah akan dikibarkan dan pebalap harus masuk pit.

- Tim punya 15 menit sejak bendera merah pertama dikeluarkan hingga pit lane dibuka untuk menyetel mesin.

- Bagian kedua balapan akan terdiri dari 10 putaran. Starting grid berdasarkan posisi terakhir dari bagian pertama balapan.

 

Jika balapan dimulai di lintasan basah: 

- Pebalap boleh masuk ke pit untuk berganti mesin dengan ban baru hanya setelah akhir lap ke-9.

- Jika balapan dihentikan karena alasan lain ketika sudah menyelesaikan 13 putaran, posisi pebalap ketika balapan dihentikan akan bertahan sebagai hasil akhir. Start tidak akan diulang.

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.