Kompas.com - 30/03/2016, 21:19 WIB
EditorPipit Puspita Rini

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia memiliki banyak pebalap muda berpotensi yang siap atau tengah berkiprah di ajang internasional. Rio Haryanto yang kini berlaga di Formula 1 merupakan bukti nyata kehebatan pebalap muda Indonesia.

Selain Rio, Indonesia punya Ali Adrian yang tengah merintis jalan menuju adu balap motor paling bergengsi di dunia, MotoGP. Musim lalu, Adrian turun pada Moto2 European Championship.

Perjalanan untuk bisa sampai ke level internasional memang tidak pernah mudah. Dukungan dana maupun moril sangat diperlukan.

Kedua pebalap muda ini sama-sama menghadap ke Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi demi memuluskan jalan mereka.

Rio harus membawa Rp 250 miliar untuk bisa membalap di Formula 1 selama semusim bersama Manor Racing. Rio pun mendapatkan surat jaminan dari Menpora seputar pemenuhan kebutuhan dana yang diminta Manor.

"Pembuatan surat jaminan sebenarnya merupakan inisiatif tim kami," kata Adrian kepada JUARA.

Menurut Adrian, dari pembicaran timnya dengan Menpora, muncullah ide untuk memberi Rio surat jaminan yang diserahkan kepada Manor.

Setelah itu, tim Adrian dan Rio saling berkomunikasi. Rio akhirnya mendapatkan surat tersebut, sementara Adrian masih harus menunggu.

"Kami tahu etika, bahwa kedua pihak tidak bertujuan untuk saling menyusul. Mungkin akan ada beberapa pihak yang mengatakan bahwa ini adalah persaingan," tutur Adrian.

"Bagi saya ini bukan persaingan, tetapi kami justru saling mendukung demi nama Indonesia," ujarnya menambahkan.

Ketika ditanya apakah mereka saling mengenal, Adrian tidak menyebut secara rinci bagaimana hubungannya dengan Rio. "Yang jelas kami saling tahu," ujar Adrian.

Musim ini, Adrian berencana turun pada Moto2 European Championship dan mencari lima wild card untuk turun di Kejuaraan Dunia Moto2. (Delia Mustikasari)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber JUARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.