Kompas.com - 29/03/2016, 11:43 WIB
EditorPipit Puspita Rini

KOMPAS.com — Pebalap Spanyol, Pol Espargaro, kemungkinan akan tetap bertahan bersama Yamaha Tech3 pada musim depan, menyusul hijrahnya Bradley Smith ke KTM yang akan jadi debutan pada MotoGP 2017.

Bos Yamaha, Lin Jarvis, sudah pernah menyatakan bahwa salah satu dari pebalap Tech3 saat ini akan bertahan di tim setelah kontrak mereka habis pada akhir musim nanti.

"Tim ini milik Herve (Poncharal) dan pada akhirnya dia yang akan membuat keputusan. Namun, kami sudah berbicara bersama, mencoba menyusun rencana dan strategi bersama," kata Jarvis.

Jarvis mengakui bahwa kadang-kadang Yamaha turut campur dalam penentuan kontrak pebalap Tech3, yang merupakan tim satelit atau "tim yunior" mereka.

"Kami ingin menjadikan tim ini sebagai 'tim yunior' dan konsepnya adalah Anda mengembangkan pebalap, meningkatkan bakat mereka, dan ketika sudah siap mereka bisa mengisi tempat di tim pabrikan. Itu adalah ide dasarnya," kata Jarvis.

Namun, kenyataan tak selalu berjalan sesuai dengan rencana. Menggeser Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo dari tim utama Yamaha jelas bukan sesuatu yang mudah, seberapa pun besar bakat sang pebalap muda.

Rossi sudah menandatangani kontrak baru dengan Yamaha hingga akhir 2018. Lorenzo masih belum pasti. Yamaha sudah mengajukan kontrak baru kepadanya dengan durasi sama seperti Rossi.

Namun, Lorenzo belum membuat keputusan. Pebalap 28 tahun tersebut juga dikabarkan menjadi incaran Ducati.

Jika Lorenzo akhirnya memutuskan pergi, apakah Espargaro akan mendapatkan kesempatan naik ke tim utama Yamaha? Belum tentu.

Dalam beberapa kesempatan, Jarvis menyebut nama pebalap Suzuki yang tengah bersinar, Maverick Vinales (Spanyol). Namun, Suzuki sepertinya siap bersaing untuk mempertahankan pebalap 21 tahun tersebut.

"Jika Jorge pergi, orang yang kami pilih sebagai penggantinya tidak akan bisa langsung menyamai performanya. Tidak diragukan lagi," kata Jarvis.

"Seperti semua tim, kami butuh plan B dan plan C. Kami punya beberapa pilihan pebalap (jika Lorenzo pergi). Para pebalap ini sudah jelas karena semua pasti mencari pebalap muda yang paling berbakat, tetapi saya belum bisa menyebutkan nama," ujar Jarvis.

Pebalap Moto2, Alex Rins, jadi salah satu kandidat utama untuk menggantikan Smith di Tech3.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Crash
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.