Djokovic Berdamai dengan Serena dan Petenis Puteri

Kompas.com - 24/03/2016, 08:34 WIB
Novak Djokovic Novak Djokovic
EditorTjahjo Sasongko

MIAMI, Kompas.com - Petenis peringkat satu, Novak Djokovic meminta maaf kepada para petenis puteri menyangkut pernyataannya soal perbedaan hadiah uang buat petenis putera dan puteri.

Petenis asal Serbia ini, Minggu (20/3/2016) membuat pernyataan kontroversial yang menyebut petenis putera berhak atas uang hadiah yang lebih besar dibandingkan petenis puteri.

"Statistik menunjukkan pertandingan kami ditonton lebih banyak penggemar dibandingkan pertandingan puteri. Ini satu alasan seharusnya kami dihargai lebih," kata Djokovic usai menjadi juara di Indian Wells.

Selasa (22/3/2016), Djokovic  menyampaikan permintaan maaf melalui media sosial. Ia bahkan merasa perlu untuk menjelaskan hal ini dalam konferensi pers menjelang Miami Terbuka.

"Saya tidak pernah punya masalah dengan persamaan gender dalam olahraga atau pun bidang lainnya," kata Djokovic. "Kami berhak untuk mendapatkan lebih dari apa yang kami hasilkan dalam turnamen tersebut."

Djokovic yang telah meraih 11 gelar juara turnamen grand slam mengaku menyesal telah menyinggung para petenis puteri. "Saya menyesal telah menyinggung para petenis puteri.  Saya menghormati mereka semua."

Ia mengaku telah mengirim pesan kepada Andy Murray, Serena Williams, Billie jean King dan para insan tenis yang tersinggung dengan opernyataan Djokovic. "Saya tak pernah bermaksud menyakiti mereka. Saya tak pernah membedakan masalah gender. Saya menganut kesetaraan dalam olahraga."

Dalam konferensi pers tersebut, Djokovic juga berbicara dengan Billie Jaen King dan Chris Evert, dua petenis puteri era 1960-1980-an yang selama ini berjuang untuk kesetaraan penghasilan petenis putera dan puteri.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X