Menpora Maklumi Nada Sumbang soal Ketiadaan Bendera Merah Putih di Foto Rio

Kompas.com - 23/03/2016, 13:54 WIB
Rio Haryanto ditemui Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Minggu (20/3/2016). Kompas/Budiman TanuredjaRio Haryanto ditemui Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Minggu (20/3/2016).
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi memaklumi protes masyarakat kepada FoxSports yang tidak menampilkan bendera Indonesia di foto Rio Haryanto dalam siaran GP Australia, Minggu (20/3/2016).

Menurut Menpora, masyarakat tentu mengharapkan negara turut diharumkan dengan kehadiran Rio di Formula 1. Wujudnya, bendera Merah Putih harus terpampang ketika FoxSports selaku pemegang hak siar memperkenalkan pebalap asal Solo itu.

"Wajar jika masyarakat terusik saat Rio ditampilkan tanpa bendera Merah Putih dalam acara yang disaksikan jutaan pemirsa di seluruh dunia," kata Imam dalam rilis yang dikirimkan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Rabu (23/3/2016).

Terlebih lagi, sesama pebalap Manor Racing, Pascal Wehrlein, turut dihiasi bendera Jerman di data dirinya saat bersanding dengan Rio pada sesi perkenalan.

"Bendera adalah simbol kehormatan negara. Apabila pebalap lain ditampilkan bersama bendera negara asalnya, Rio juga seharusnya demikian. Dia adalah kebanggaan Indonesia," tutur Imam.

Menpora pun mengimbau, FoxSports tidak mengulangi kesalahan serupa. Sebab, ada kesan perlakuan diskriminatif dan penyepelean terhadap salah satu peserta dan negara tertentu.

Pihak FoxSports Indonesia telah melayangkan permintaan maaf secara terbuka melalui akun Twitter resminya, Senin (21/3/2016). Ini dilakukan setelah netizen di media sosial mengkritik kesalahan stasiun televisi itu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X