Kompas.com - 05/03/2016, 08:17 WIB
EditorPipit Puspita Rini
DOHA, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, harus menunggu hingga pengujung hari terakhir tes pramusim MotoGP 2016 di Sirkuit Losail, Qatar, Jumat (4/3/2016), untuk mencatat putaran terbaiknya.

Dalam percobaan ke-52 atau terakhirnya, Marquez membuat putaran 1 menit 55,402 detik. Catatan tersebut mengantarnya naik ke urutan keempat daftar pebalap tercepat.

"Setelah hari ini, saya jadi jauh lebih percaya diri untuk menjalani balapan karena kemarin saya meninggalkan sirkuit dengan kekhawatiran seputar level kami dan semuanya," aku Marquez.

"Namum, hari ini kami membuat langkah lebih besar dan saya senang dengan hasil akhirnya," ujarnya menambahkan.

Marquez menutup hari pertama tes, Rabu (2/3/2016) dengan putaran terbaik 1 menit 56,523 detik. Dia berada di urutan ke-10 daftar pencatat putaran waktu tercepat.

Pada hari kedua tes, Kamis (3/3/2016), dia memperbaiki putarannya menjadi 1 menit 56,046 detik. Dia naik satu posisi di klasemen.

"Tetap saja ini belum cukup. Kami masih harus berkembang dan butuh kerja keras karena pada intinya kami tidak di posisi pertama. Namun, kami tidak akan pernah menyerah dan kami selalu berusaha berbuat lebih lagi," kata pebalap 23 tahun tersebut.

Sebelum turun di Sirkuit Losail, Marquez dan pebalap lainnya menjalani tes pramusim di Sirkuit Sepang (Malaysia) dan Sirkuit Phillip Island (Australia).

Menurut Marquez, pada tes di Qatar adalah kali pertama sistem elektronik yang baru bisa berfungsi dengan baik di RC213V.

"Masalahnya, ketika kami tes di Malaysia, kami mengalami kesulitan dengan elektronik. Jadi, kami hanya berkonsentrasi dengan elektronik selama tiga hari di sana," ujarnya.

"Phillip Island merupakan sirkuit spesial dan kurang lebih tes berjalan lancar. Lalu di sini, elektronik berfungsi dengan baik dan kami bisa berkonsentrasi pada setelan motor," kata Marquez.

Persaingan para pebalap pada MotoGP 2016 akan dimulai dengan seri pertama di Qatar, 17-20 Maret.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Crash
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.