Anthony Ginting Berpeluang Dampingi Tommy Sugiarto ke Olimpiade

Kompas.com - 03/03/2016, 22:46 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anhony Sinisuka Ginting, mengembalikan kok dari pemain Indonesia lainnya, Sony Dwi Kuncoro, pada babak kualifikasi BCA Indonesia Open Superseries Premier 2015 di Istora, Selasa (2/6/2015). PBSIPebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anhony Sinisuka Ginting, mengembalikan kok dari pemain Indonesia lainnya, Sony Dwi Kuncoro, pada babak kualifikasi BCA Indonesia Open Superseries Premier 2015 di Istora, Selasa (2/6/2015).
EditorPipit Puspita Rini
JAKARTA, KOMPAS.com — Tommy Sugiarto merupakan pemain tunggal putra yang punya peluang besar untuk mewakili Indonesia pada Olimpiade Rio 2016. Tommy saat ini berada di peringkat ke-8 ranking Race to Rio.

Di bawah Tommy, ada beberapa pemain nasional yang tengah bersaing untuk masuk 16 besar dan lolos ke Rio. Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting, Ihsan Maulana Mustofa, dan Jonatan Christie.

Pelatih kepala tunggal putra nasional, Hendry Saputra, menilai, Anthony punya peluang besar untuk mendampingi Tommy. Anthony saat ini berada di peringkat ke-25 ranking Race to Rio.

"Jika mengikuti 4-5 turnamen, sepertinya dia bisa mengejar untuk masuk peringkat 16 besar," ujar Hendry di pelatnas bulu tangkis Cipayung, Jakarta, Rabu (2/3/2016).

Berdasarkan regulasi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), setiap negara bisa mengirimkan maksimal dua pemain tunggal putra atau tunggal putri yang berada di peringkat 16 besar ranking Race to Rio.

"Anthony butuh sekitar 4.000-5.000 poin untuk bisa mencapai peringkat 16 besar. Peluang selanjutnya ada pada Ihsan (peringkat ke-27) dan Jonatan (peringkat ke-31)," kata Hendry.

Menuju penutupan kualifikasi Olimpiade pada April mendatang, Anthony akan mengikuti 4-5 turnamen, di antaranya All England, Selandia Baru Terbuka, Malaysia Terbuka, dan Singapura Terbuka.

"Anthony minimal harus mencapai babak 16 besar untuk mengamankan peluang ke Olimpiade. Tetapi, tiga tunggal putra pelatnas punya hak yang sama karena masing-masing memiliki karakter permainan berbeda," ujar Hendry.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Prioritas dan hak tiga pemain ini sama, tetapi hasil di lapangan akan membedakan jumlah poin yang akan diperoleh," ucap Hendry menambahkan.

Anthony mendapat tambahan poin cukup besar setelah penampilan cemerlangnya pada Kejuaraan Beregu Asia, 15-21 Februari, yang juga merupakan ajang kualifikasi Piala Thomas dan Uber. Dia menyumbang enam kemenangan untuk Tim Thomas Indonesia.

Anthony, Ihsan, dan Jonatan selanjutnya akan tampil pada All England di Barclaycar Arena, Birmingham, 8-13 Maret, dan harus mulai dari babak kualifikasi.

"Ke depan, saya berharap mereka bisa langsung turun pada babak utama turnamen kelas superseries," ujar Hendry.

Kompas TV dan K Vision akan menyiarkan secara langsung pertandingan All England pada 10-13 Maret. (Delia Mustikasari)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Juara.net
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.