Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Duel Legendaris Ellyas Pical

Kompas.com - 05/02/2016, 07:21 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com
- Legenda hidup dunia tinju tanah air, Ellyas Pical, akan kembali naik ring. Jumat (5/2/2016). Mantan pemegang sabuk juara kelas super terbang IBF itu akan bermain pada pertandingan ekshibisi.

Elly Pical akan bertarung menghadapi mantan petinju nasional lainnya, Feras Taborat. Ini merupakan partai tambahan jelang laga utama perebutan gelar juara dunia kelas ringan WBO antara Daud Yordan dan Yoshitaka Kato.

Elly Pical merupakan orang Indonesia pertama yang bisa merebut titel dunia. Dia meraih sabuk juara super flyweight IBF pada 3 Mei 1985 dari petinju Korea Selatan, Chun Ju Do.

Setelah kalah dari Juan Polo Perez pada Oktober 1989, Elly Pical mulai menepi dari ring tinju dan hanya tiga kali tampil pada pertandingan non-gelar, lalu pensiun.

Catatan karier Elly Pical adalah 20 kali menang, 11 di antaranya dengan KO, 1 kali seri, dan 5 kali kalah.

Berikut adalah 5 duel legendaris Elly Pical semasa aktif menjadi petinju:

19 Mei 1984 - Hee Yun Chun

Elly Pical dari Sasana Garuda Jaya Jakarta menjadi petinju pertama Indonesia yang berhasil meraih gelar juara OPBF kelas super terbang di Korea Selatan.

Dia menang angka mutlak atas petinju tuan rumah, Hee Yun Chun, di Stadion Mun Hua. Ini adalah untuk kali pertama ada petinju Indonesia yang menang di Korea.

"Saya ingin jadi juara dunia," kata Elly Pical seperti dilansir dari Harian KOMPAS terbitan Rabu (23/5/1984).

3 Mei 1985 - Chun Ju Do

Impian Elly Pical untuk menjadi juara dunia akhirnya terwujud tak sampai setahun setelah menjadi juara OPBF. Dia menjadi juara kelas superflyweight dengan mengalahkan Chun Ju Do.

Dilansir dari Harian KOMPAS, Sabtu (4/5/1985), yel-yel "Hidup Ely, Viva Ely, Ely manise!" amat berkepanjangan di Istora Senayan dari sekitar 12.000 di Istora Senayan.

Sebuah straight kiri jarak pendek yang menerpa keras rahang kanan pemegang gelar Chun Ju Do, mengantar petinju berusia 25 tahun kelahiran Saparua, Maluku Utara, Ellyas Pical, menjadi juara dunia kelas super terbang Federasi Tinju Internasional (IBF).

5 Juli 1986 - Cesar Polanco

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com