Kompas.com - 05/02/2016, 07:21 WIB
EditorJalu Wisnu Wirajati


JAKARTA, KOMPAS.com
- Legenda hidup dunia tinju tanah air, Ellyas Pical, akan kembali naik ring. Jumat (5/2/2016). Mantan pemegang sabuk juara kelas super terbang IBF itu akan bermain pada pertandingan ekshibisi.

Elly Pical akan bertarung menghadapi mantan petinju nasional lainnya, Feras Taborat. Ini merupakan partai tambahan jelang laga utama perebutan gelar juara dunia kelas ringan WBO antara Daud Yordan dan Yoshitaka Kato.

Elly Pical merupakan orang Indonesia pertama yang bisa merebut titel dunia. Dia meraih sabuk juara super flyweight IBF pada 3 Mei 1985 dari petinju Korea Selatan, Chun Ju Do.

Setelah kalah dari Juan Polo Perez pada Oktober 1989, Elly Pical mulai menepi dari ring tinju dan hanya tiga kali tampil pada pertandingan non-gelar, lalu pensiun.

Catatan karier Elly Pical adalah 20 kali menang, 11 di antaranya dengan KO, 1 kali seri, dan 5 kali kalah.

Berikut adalah 5 duel legendaris Elly Pical semasa aktif menjadi petinju:

19 Mei 1984 - Hee Yun Chun

Elly Pical dari Sasana Garuda Jaya Jakarta menjadi petinju pertama Indonesia yang berhasil meraih gelar juara OPBF kelas super terbang di Korea Selatan.

Dia menang angka mutlak atas petinju tuan rumah, Hee Yun Chun, di Stadion Mun Hua. Ini adalah untuk kali pertama ada petinju Indonesia yang menang di Korea.

"Saya ingin jadi juara dunia," kata Elly Pical seperti dilansir dari Harian KOMPAS terbitan Rabu (23/5/1984).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.