Kompas.com - 04/02/2016, 00:30 WIB
Pebalap Movistar Yamaha asal Italia, Valentino Rossi, menunggu di paddock Sirkuit Sepang, Malaysia, pada hari ketiga tes pramuisim MotoGP 2016, Rabu (3/2/2016). MOHD RASFAN/AFP PHOTOPebalap Movistar Yamaha asal Italia, Valentino Rossi, menunggu di paddock Sirkuit Sepang, Malaysia, pada hari ketiga tes pramuisim MotoGP 2016, Rabu (3/2/2016).
EditorPipit Puspita Rini
SEPANG, KOMPAS.com - Valentino Rossi kembali menempel Jorge Lorenzo di daftar pencatat waktu tercepat pada hari ketiga tes pramusim MotoGP 2016 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Rabu (3/2/2016).

Dua pebalap Movistar Yamaha ini juga berada di posisi pertama dan kedua pada hari pertama tes, Senin (1/2/2016). Putaran terbaik Rossi pada hari ketiga adalah 2 menit 0,556 detik, tertinggal hampir satu detik dari Lorenzo.

"Saya lebih banyak berlatih di dirt track dibanding dia (Lorenzo), lebih banyak putaran dan semuanya. Dia lebih konsentrasi ke performa, tetapi putaran waktunya memang impresif," kata Rossi tentang Lorenzo.

Rossi mengakui bahwa dirinya dan pebalap lain memang tertinggal dari Lorenzo.

"Kami harus mencari cara untuk lebih dekat. Dia sangat bagus di semua bagian, dia mengerem dengan keras, masuk ke tikungan dengan sangat cepat, dan membalap di tikungan dengan kecepatan yang bagus," kata Rossi.

Secara keseluruhan, pebalap Italia tersebut mengaku senang dengan hasil tes di Sirkuit Sepang. Dia mengaku mendapatkan beberapa informasi yang akan sangat berguna untuk mengembangkan motor.

Dalam wawancara setelah tes, Rossi juga ditanya seputar Casey Stoner, yang merupakan salah satu pesaing utamannya ketika masih aktif membalap.

Stoner yang turun dengan status sebagai pebalap penguji Ducati dan menggunakan motor Desmosedici GP15 berhasil mencatat putaran tercepat kelima.

Dia mengungguli para pebalap pabrikan, termasuk Dani Pedrosa (Repsol Honda), Andrea Iannone, dan Andrea Dovizioso (Ducati).

"Sangat bagus melihat putaran waktu seperti ini, Lorenzo, Rossi, (Marc) Marquez, Stoner, Pedrosa, semuanya. Ini bagus untuk kejuaraan, dan level persaingan sudah tinggi," kata Rossi.

Rossi turun dengan YZR-M1 yang dipasangi winglet hasil penyempurnaan dari yang beberapa kali dipakai pada musim lalu. Namun, Rossi mengaku tidak mendapatkan manfaat dari alat tersebut.

"Saya mencobanya dan ini menarik karena mereka membuat wing yang berbeda. Namun, saya tdak merasakan perubahan yang esensial, dan saya lebih senang motor tanpa wing," aku pemilik sembilan gelar juara dunia tersebut.

Rossi dan pebalap lainnya akan berada di Sirkuit Phillip Island, Australia, untuk menjalani tes kedua pada 17-19 Februsai. Tes ketiga atau terakhir akan digelar di Sirkuit Losail, Qatar, pada 2-4 Maret.



Sumber Crash
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X