Kompas.com - 26/01/2016, 23:10 WIB
Pebalap Movistar Yamaha asal Italia, Valentino Rossi (tengah), memencet tombol sirine bersama para pejabat tinggi Yamaha dalam peluncuran prodruk baru mereka, Xabre, di Hotel Mulia, Nusa Dua, Bali, Selasa (26/1/2016). RIZAL FANANY/TRIBUN BALIPebalap Movistar Yamaha asal Italia, Valentino Rossi (tengah), memencet tombol sirine bersama para pejabat tinggi Yamaha dalam peluncuran prodruk baru mereka, Xabre, di Hotel Mulia, Nusa Dua, Bali, Selasa (26/1/2016).
EditorPipit Puspita Rini
NUSA DUA, KOMPAS.com - Persaingan para pebalap pada MotoGP 2016 akan dimulai dengan sesi tes pramusim pertama di Sirkuit Sepang, Malaysia, 1-3 Februari.

Sesi ini sangat penting karena jadi kesempatan para pebalap untuk semakin mengenali karakter ban Michelin, yang mulai musin ini menjadi ban resmi MotoGP, menggantikan Bridgestone.

Selain itu, para pebalap pabrikan juga masih harus beradaptasi dengan pemakaian ECU standar. Musim lalu, tim pabrikan masih bisa memakai ECU dengan software sendiri. Tahun ini, MotoGP memberlakukan ECU sama untuk semua tim.

"Kami akan memulai musim 2016 dengan tes di Sepang. Akan sangat penting untuk mengerti setelan motor dengan ban baru, sangat penting untuk improve motor," kata Valentino Rossi pada konferensi pers di Hotel Mulia, Nusa Dua, Bali, Selasa (26/1/2016).

"Saya akan berusaha 100 persen, sebagai persiapan sebelum balapan pertama di Qatar. Tetapi, tes di Sepang akan sulit karena di sana sangat panas. Mungkin hasil saya akan 70 persen," kata pebalap Movistar Yamaha tersebut.

Menurut Rossi, balapan musim ini akan menarik karena ban yang dipakai sangat berbeda dibanding musim sebelumnya.

"Semua pebalap akan mulai dari posisi yang sama. Siapa yang bisa beradaptasi dengan cepat akan lebih bagus," kata pemilik sembilan gelar juara dunia dari semua kelas tersebut.

Menjalani musim 2016, Rossi berharap bisa melanjutkan performanya dalam dua musim terakhir, bersaing di level tertingi.

"Saya akan berjuang untuk menang dan meraih poin pada setiap balapan. Saya juga akan bersaing untuk menjadi juara dunia," kata Rossi.

Rossi juga berterima kasih kepada semua fans di Indonesia yang selalu memberikan dukungan kepadanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X