Kompas.com - 27/12/2015, 10:08 WIB
Indra Akuntono
|
EditorTjahjo Sasongko

 JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla meluncurkan logo dan maskot Asian Games 2018, di Plaza Selatan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (28/12/2015).

Logo Asian Games berwujud siluet burung cenderawasih dan maskotnya diberi nama "Drawa".

Dalam acara itu, Kalla didampingi Ibu Wakil Presiden Mufida Kalla, Menteri Pemuda dan Olaharaga Imam Nahrawi, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, dan pengurus Komite Olimpiade Indonesia.

Peluncuran logo dan maskot Asian Games 2018 ditandai dengan penekanan tombol oleh Kalla. "Logo Cenderawasih, burung yang indah. Sering disebut paradise bird, atau burung surga," kata Kalla.

Menpora Imam Nahrawi mengungkapkan, burung Cenderawasih dipilih menjadi logo dan maskot Asian Games 2018 atas dasar masukan dari banyak pihak, termasuk perwakilan masyarakat. Burung Cenderawasih dianggap dapat mewakili Indonesia secara keseluruhan.

"Kita pilih logo ini untuk memastikan Asian Games 2018 milik bangsa Indonesia," ucap Imam. Siluet logo Asian Games 2018 terdiri dari bantak warna. Sedangkan maskot dinamai "Drawa" karena merujuk dari kata cendrawasih dan diberi pakaian olahraga pencak silat.

Setelah peluncuran logo dan maskot, Kemenpora akan menyosialisasikan penyelenggaraan Asian Games ke seluruh Indonesia mengunakan bola sepak.

Bola ini akan disepak oleh masyarakat di seluruh daerah dan akan dikembalikan ke Jakarta pada Agustus 2018.

Asian Games ke 18 ini akan berlangsung 18 Agustus-2 September 2018.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X