Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Promosi MotoGP Indonesia 2017 Masih Kurang

Kompas.com - 18/12/2015, 04:45 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com
- Indonesia masih kekurangan biaya promosi untuk penyelenggaraan MotoGP 2017.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) masih mencari tambahan biaya promosi untuk MotoGP 2017 sebesar 23,4 juta euro (sekitar Rp 355,2 miliar).

"Kemenpora baru menganggarkan Rp 5 miliar berupa dana panjer (uang muka) untuk penyelenggaraan MotoGP 2017. Kami butuh tambahan dana agarKeputusan Presiden (Keppres) MotoGP segera keluar," kata Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora, Gatot S Dewabroto, di Media Center Kemenpora, Kamis (17/12/2015).

Ada dua pilihan untuk mencari tambahan dana tersebut. "Pertama menggunakan dana APBN, tapi belum jelas siapa yang akan bertanggung jawab. Kedua, nama event dikomersilkan dengan menghilangkan nama Sentul karena akan disesuaikan dengan pihak yang menang bidding" tutur Gatot.

Dicopotnya nama Sentul sudah disetujui pengelola Sirkuit Sentul, Tinton Soeprapto.

"Beliau tidak keberatan melepas nama Sentul karena sudah lazim di luar negeri untuk menjual event kepada pihak swasta," ungkap Gatot.

Sebagai tuan rumah MotoGP, Indonesia berkewajiban membayar biaya promosi untuk 2017-2019.

"Untuk 2017 biaya promosi yang harus dibayar adalah 7 juta Euro (sekitar Rp 106,3 miliar), 8 juta euro (Rp 121,4 miliar) pada 2018, dan 8,4 juta euro (Rp 127,5 miliar) untuk 2019 yang dibayar bertahap mulai 2016," terang Gatot.

Pemerintah juga perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 150 miliar untuk merenovasi Sirkuit Sentul. Ini adalah kewajiban yang harus dipenuhi untuk persiapan infrastruktur MotoGP.

"Kami berharap rancangan biaya promosi segera selesai pekan depan supaya hasilnya bisa dikirimkan kepada Presiden RI (Joko Widodo) dan dibahas di internal Istana,” ucap Gatot. (Delia Mustikasari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Juara.net
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com