Kompas.com - 09/12/2015, 06:42 WIB
Tyson Fury (kiri) rebut juara dunia kelas berat dari Wladimir Klitschko lewat pertarungan ketat di Duesseldorf, Sabtu (28/11/2015). PATRIK STOLLARZ/AFPTyson Fury (kiri) rebut juara dunia kelas berat dari Wladimir Klitschko lewat pertarungan ketat di Duesseldorf, Sabtu (28/11/2015).
EditorTjahjo Sasongko

LONDON, KOMPAS.com — Juara dunia tinju kelas berat, Tyson Fury, menuai kecaman akibat mengekspresikan keyakinannya dalam menentang homoseksual dan aborsi.

Kepolisian Manchester membenarkan bahwa mereka tengah menyelidiki kasus yang melibatkan Fury. Polisi menyebut Fury dilaporkan telah menyebarkan kebencian terhadap kaum homoseksual dalam sebuah wawancara dengan media Inggris.

Fury dianggap menyamakan homoseksual dengan paedofilia, kecenderungan menyukai seks dengan anak-anak. Juara dunia asal Inggris ini bahkan mendapat petisi yang meminta dirinya dicoret dari daftar calon penerima penghargaan BBC Personality of The Year.

Fury juga dituduh bersikap sexism dengan menyatakan bahwa tempat kaum perempuan adalah di dapur. Namun, gugatan terhadap Fury lebih dikaitkan dengan pernyataannya soal homoseksualitas.

Dalam wawancara dengan media Inggris, Fury menyebut bahwa ada tiga hal yang harus diluruskan di dunia. "Salah satunya adalah legalisasi homoseksualitas di banyak negara. Hal lainnya adalah aborsi dan paedofilia," kata Fury.

"Pada dekade 1950 dan 1960-an, siapa yang pernah berpikir bahwa dua hal tersebut (homoseksual dan aborsi) dilegalkan?"

Fury, seorang penganut Kristen yang taat, menyangkal bahwa dirinya adalah seseorang yang anti-kaum homo dan menentang aborsi. Fury mengaku bahwa ia hanya mengatakan hal-hal yang ditulis dalam Kitab Suci.

"Ini keyakinan saya, seperti juga saya percaya kepada Tuhan Yesus Kristus sebagai Juru Selamat," lanjutnya.

Fury baru saja merebut gelar juara dunia tinju kelas berat dengan mengalahkan juara bertahan, Wladimir Klitschko, lewat kemenangan angka mutlak di Duesseldorf, bulan lalu. Ia kini menyandang sabuk juara WBA, IBF, dan WBO.

Sementara itu, BBC menolak petisi yang meminta agar Fury dicoret dalam daftar calon penerima penghargaan. Mereka menyebut, hal tersebut merupakan urusan pribadi Fury.Juara dunia tinju kelas berat, Tyson Fury, menuai kecaman akibat mengekspresikan keyakinannya menentang homoseksual dan aborsi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.