Kompas.com - 25/11/2015, 19:41 WIB
|
EditorLatief

KOMPAS.com – Setelah menyelesaikan balapan pada Kejuaraan GP2 akhir pekan lalu di Bahrain, pekan ini Sean Gelael harus bersiap kembali. Ia bersama Tim Carlin harus mempersiapkan diri untuk menaklukkan sirkuit balap terakhir, Yas Marina.

Yas Marina selesai dibangun pada 2009 lalu. Selama aksi balapnya, Sean belum pernah bertanding di sirkuit ini. Dengan demikian, ia beum punya pengalaman dan bayangan untuk terjun di sirkuit ini.

Sirkuit ini menyajikan tantangan berupa dua jalur lurus yang panjang sebelum memasuki serangkaian tikungan dan seakan tanpa akhir. Dengan demikian, Sean harus mempersiapkan diri berhadapan dengan sirkuit sepanjang 5,555 kilometer dan 21 tikungan tersebut.

Sementara itu, tantangan harus dia persiapkan adalah jalur keluar pit-lane yang rumit. Jalur tersebut mengharuskan pebalap melalui belokan di dalam terowongan sebelum masuk kembali ke lintasan. Letaknya mirip seperti are parkir bawah tanah.

Tak pelak, Yas Marina merupakan sirkuit yang rumit dan teknikal untuk ditaklukkan. Untuk itu, Sean harus cepat beradaptasi saat sesi latihan bebas sebelum masuk sesi kualifikasi. Yang perlu diperhatikan, menyalip di sirkuit ini adalah hal tersulit.

Dok Tim Jagonya Ayam Bisa dikatakan, perjuangan Sean menuju prestasi terbaiknya itu tidak mudah. Selain harus memulai lomba dari urutan ke-23, pebalap berusia 19 tahun itu harus menerjang kerasnya pertarungan di tikungan pertama.

Dengan program utama Sean mengikuti Kejuaraan Formula Renault 3.5 dan tambahan keikutsertaannya pada Kejuaraan GP2 ini, total balapan akhir pekan Sean di tahun ini berjumlah 14 kali saat menyelesaikan balapan Abu Dhabi nanti dan terdiri dari 27 races.

"Kami memiliki beberapa momen bagus di Formula Renault 3.5, tetapi di GP2 kami mengalami kesulitan karena saya tidak memulainya dari awal dengan tandingan pebalap-pebalap yang sudah sangat berpengalaman," kata Sean.

Menurutnya, Abu Dhabi merupakan track baru baginya, tapi tetap penting bagi pebalap yang ingin bersaing di top level.

"Saya akan coba fokus untuk memperoleh kemajuan di akhir pekan ini. Saya ingin menyelesaikan musim balap  tahun ini dengan sebaik-baiknya untuk motivasi di masa depan,” tutur Sean.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai sepak terjang Sean Gelael di ajang World Series by Renault, GP2 dan Formula 3 serta update-update lainnya dari Sean, silakan follow akun Twitter resmi Sean Gelael di @IDSeanGP dan fan page Facebook resmi Sean Gelael di  https://www.facebook.com/IDSeanGP serta www.sean-gelael.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.