Djokovic Cetak Sejarah di ATP World Tour Finals

Kompas.com - 23/11/2015, 06:35 WIB
Novak Djokovic menjuarai ATP World Tour Finals 2015, Minggu (22/11/2015). LEON NEAL/AFPNovak Djokovic menjuarai ATP World Tour Finals 2015, Minggu (22/11/2015).
|
EditorJalu Wisnu Wirajati


LONDON, KOMPAS.com
- Novak Djokovic menjadi petenis pertama dalam sejarah yang bisa memenangi ATP World Tour Finals empat kali berturut-turut. Total, petenis Serbia itu sudah mengoleksi lima gelar di turnamen ini.

Djokovic menjuarai turnamen tutup tahun yang hanya diikuti delapan petenis terbaik tersebut setelah menundukkan Roger Federer (Swiss) 6-3, 6-4 di O2 Arena, London, Minggu (22/11/2015).

Bagi Djokivic, ini merupakan gelar ke-11-nya sepanjang musim 2015. Hasil ini melebihi rekornya saat memenangi 10 turnamen pada 2011.

Dari 11 gelar yang didapat petenis 28 tahun tersebut, tiga di antaranya didapat di turnamen Grand Slam, tujuh di turnamen Masters 1000, dan hanya satu di turnamen Masters 500.

Total dia turun di 17 turnamen dan hanya sekali gagal sampai ke final yakni di Doha, Qatar (Januari), yang merupakan turnamen pertamanya musim ini. Ketika itu, dia terhenti pada babak perempat final, kalah dari Ivo Karlovic (Kroasia).

Laga final ATP World Tour Finals ini merupakan pertemuan ke-44 Djokovic dan Federer. Djokovic sepenuhnya menguasai pertandingan sejak awal.

Pada set pertama, Djokovic berhasil mematahkan servis Federer pada gim ke-5 dan sekali lagi pada gim ke-9, yang memastikannya memenangi set pertama.

Federer memberi perlawanan lebih ketat pada set kedua. Skor keduanya imbang hingga 4-4. Djokovic mematahkan servis Federer pada gim ke-10 untuk mendapatkan kemenanan dalam 1 jam 20 menit.

Kemenangan ini mengubah rekor pertemuan kedua pemain menjadi imbang 22-22. Sehari sebelumnya, pada laga semifnal, Djokovic menundukkan Rafael Nadal (Spanyol) untuk mengubah rekor pertemuan mereka menjadi imbang 23-23.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X