Kompas.com - 28/10/2015, 08:58 WIB
Usain Bolt (kanan) mengalahkan Justin Gatlin (kiri) Usain Bolt (kanan) mengalahkan Justin Gatlin (kiri)
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Kecepatan memiliki peran penting di setiap cabang olah raga, baik itu menjadi penentu kemenangan atau penunjang olah raga tersebut. Nah, berikut ini para atlet dunia dari cabang olah raga berbeda yang berhasil memecahkan rekor sebagai manusia tercepat di dunia.

Pelari

Dengan kecepatan mencapai 38,1 kilometer per-jam, Usain Bolt tercatat sebagai pelari tercepat di dunia. Dalam urusan rekor tercepat ini, dirinya berhasil mencatatkan waktu 9,79 detik dari lari jarak 100 meter.

Seperti dikutip dari KOMPAS.com, Rabu (1/10/2014), sepanjang karirnya Bolt telah memegang enam medali emas Olimpiade. Tiga diantaranya dari Olimpiade 2008 Beijing dan tiga lainya dari Olimpiade 2012 London.

Medali emas tersebut ia dapatkan dari nomor 100 meter, 200 meter, dan 4x100 meter atau lari estafet.

Tak hanya Bolt. Pelari asal Amerika, Justin Gatlin, tercatat menjadi sprinter tercepat dalam dua tahun terakhir. Gatlin sempat menorehkan waktu tercepatnya yang tak beda jauh dengan Bolt, yaitu 9,80 detik.

Sepak bola

Kecepatan adalah salah satu faktor penting dalam sepak bola. Beberapa pemain dengan akselerasi tinggi acap menjadi andalan timnya masing-masing.

Namun begitu, tak semua pemain memiliki kecepatan saat dribbling, ada juga dengan kemampuan eksekusi tendangan bebasnya.

Salah satunya, Ronny Heberson pemain asal klub Sporting Lisbon, Liga Portugal. Pada 2006 lalu dirinya berhasil memecahkan rekor tendangan bebas tercepat. Kecepatan tendangannya saat itu mencapai 221 kilometer per-jam.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X