Kompas.com - 23/10/2015, 09:56 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Lomba lari Jakarta Marathon 2015 direncanakan akan diikuti oleh 15.000 peserta dari 53 negara, termasuk Indonesia.

Dari jumlah tersebut, 1.300 di antaranya merupakan pelari internasional mancanegara, di antaranya Weldon Kirui dari Kenya, dan Andrea Sambu Sipe dari Tanzania.

Data dari Kementerian Pariwisata menyebutkan, ada tren peningkatan jumlah peserta lomba lari Jakarta Marathon dari tahun ke tahun.

Sebab, pada tahun 2013, jumlah peserta lari hanya mencapai 10.000 orang, dan menjadi 14.120 orang pada tahun 2014.

"Raihan jumlah peserta tersebut memberikan sinyal positif bahwa Jakarta Marathon telah menjadi perhatian dan pilihan para pelari nasional dan dunia untuk unjuk kemampuan di Jakarta," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam keterangan tertulisnya, Jumat (23/10/2015).

KOMPAS / WAWAN H PRABOWO Ekspresi dan gaya peserta Mandiri Jakarta Marathon 2015 saat memasuki garis finis di Silang Monas Barat Daya, Jakarta, Minggu (25/10/2015).

Arief menyebut, 15.000 pelari yang akan mengikuti ajang Jakarta Marathon 2015 mendaftar hanya dalam kurun waktu lima bulan.

Khusus untuk pelari lokal, Arief menyebut nama-nama atlet lari nasional dipastikan akan ikut serta.

Mereka adalah Agus Prayogo, Atjong Tio Purwanto, Ishari, Nikolas Albinus Sila, Sukarno, Triyaningsih, Feri Marince Subnafeu, Nyai Agita, Yulianingsih dan Novita Andrayani.

"Ini sinyal yang baik bagi kami. Melalui ajang ini, kami berharap Kota Jakarta bisa menjadi kota tujuan sport tourism dan menjadi salah satu dari enam kota besar di dunia yang menjadi World Marathon Majors yang menjadikan Jakarta sebagai kota berkelas dunia," ujarnya.

Lomba lari Jakarta Marathon 2015 akan dilaksanakan pada Minggu (25/10/2015). Lomba yang akan mengambil titik start dan finish di Silang Barat Daya Monas ini akan melombakan lima kategori nomor lari, yakni Marathon 42,195 km; Half Marathon 21 km; 10K; 5K; dan Maratoonz (khusus anak-anak).

Adapun total hadiah yang disiapkan untuk para pemenang mencapai sekitar Rp 2,6 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.