Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lorenzo: Dalam Kondisi Normal, Saya Bisa Lebih Cepat

Kompas.com - 09/10/2015, 20:59 WIB
MOTEGI, KOMPAS.com - Pebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, menjadi yang tercepat pada dua sesi latihan bebas perdana GP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jumat (9/10/2015). Dia mengaku bisa mencatat waktu lebih baik jika bahunya tidak cedera.

"Mengejutkan melihat seberapa cepat saya hari ini karena bahu saya benar-beanr tidak dalam kondisi normal," kata Lorenzo, usai sesi. "Spertinya motor berfungsi dengan sangat baik dan lintasn dalam kondisi normal."

Lorenzo harus menjalani pemeriksaan X-ray untuk memastikan tidak ada tulang yang patah setelah terjatuh saat berlatih minibike, Sabtu (3/10/2015). Dari hasil pemeriksaan diketahui ada ligamennya yang terkilir, tetapi tidak memerlukan operasi.

"Dengan kondisi cedera, saya sangat cepat dan konsisten. Saya yakin bahwa dalam kondisi fisik normal saya bisa lebih cepat. Namun, tidak ada gunanya berpikir tentang apa yang bisa terjadi," kata pebalap 28 tahun tersebut.

Dibandingkan para rival utamanya, Lorenzo melakukan putaran lebih sedikit pada sesi latihan bebas hari pertama. Pada sesi pertama yang berlangsung Jumat pagi, dia melakukan 15 putaran dengan hasil terbaik 1 menit 45,432 datik.

Pada sesi kedua yang berlangsung sekitar tiga jam kemudian, pebalap Spanyol ini melakukan 15 putaran dengan hasil terbaik 1 menit 44,731 detik. Selain Dani Pedrosa, hanya Lorenzo yang berhasil mencatat putaran di bawah 1 menit 46 detik.

"Saya mencoba untuk sedikit menghemat tenaga dan tidak melakukan putaran terlalu banyak untuk menjaga bahu demi besok. Dari satu sisi, setiap hari kondisinya membaik. Dari sisi yang lain, kamu melakukan latihan yang mungkin tidak membantu proses penyembuhan bahumu," ujar Lorenzo menjelaskan.

Lorenzo akan kembali bersaing dengan pebalap lain pada sesi latihan bebas ketiga dan keempat serta sesi kualifikasi, Sabtu (10/10/2015). "Secara keseluruhan, saya rasa bahu saya akan sama, atau mungkin sedikit lebih baik, besok," kata pemilik dua gelar juara dunia MotoGP tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Crash
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com