Kompas.com - 08/10/2015, 19:35 WIB
EditorPipit Puspita Rini
MOTEGI, KOMPAS.com - Pebalap Amerika Serikat, Nicky Hayden, memutuskan untuk meninggalkan MotoGP dan bergabung dengan Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) mulai musim depan. Hayden mengumumkan keputusannya tersebut saat jumpa pers jelang GP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, Kamis (8/10/2015).

"Tahun ini akan jadi musim terakhir saya di MotoGP. Saya akan pindah ke Superbike tahun depan bersama Honda dan tim Ten Kate. Itu saja, dan tidak ada yang terlalu dramatis," kata Hayden sambil tersenyum.

Ketika wartawan bertanya lebih jauh tentang alasan keputusan tersebut, Hayden mengakui bahwa dalam dua musim terakhir dia tidak bisa mencatat hasil bagus di MotoGP.

"Saya selalu berpikir bahwa Superbike mungkin akan menjadi sesuatu yang ingin saya coba. Saya selalu senang membalap Superbike dan kesempatan ini terasa pas. Jelas bahwa saya sudah lebih tua, tetapi saya masih menikmati balapan. Ini akan jadi tantangan dan kesempatan baru untuk mencoba, dan bersenang-senang," aku pemilik motor bernomor 69 tersebut.

Jika nantinya bisa menjadi juara dunia Superbike, Hayden akan jadi pebalap pertama yang bisa menjadi juara dunia di MotoGP dan Superpike. Pebalap berjuluk "Kentucky Kid" tersebut merupakan Juara Dunia MotoGP 2006.

"Tentu saja saya akan merindukan MotoGP. Saya punya kesempatan luar biasa di sini, menjadi bagian tim yang hebat, dan bekerja sama dengan orang-orang luar biasa. Namun, kalian tahu, tidak ada yang bertahan selamanya. Itulah hidup, jadi maju terus, pindah ke Superbike bersama Honda, dan berharap bisa bersenang-senang," lanjut pebalap 34 tahun tersebut.

Hayden saat ini bergabung di tim Aspar dan memakai motor open Honda. Dari 14 balapan yang sudah digelar, finis terbaiknya adalah di urutan ke-11 pada GP Prancis di Sirkuit Le Mans, Mei.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Crash
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.