Kompas.com - 20/09/2015, 20:39 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto
SURABAYA, KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menjamin, atlet renang dan sepakbola muslimah di ajang Asian Games 2018 mendatang, boleh mengenakan kostum yang menutup aurat. 

"Kami sudah berbicara dengan Olympic Council of Asia (Dewan Olimpiade Asia) agar atlet renang muslimah bisa menggunakan kostum yang menutup aurat," kata Nahrawi dalam diskusi di forum Kongres Fatayat Nahdatul Ulama (NU) di Surabaya, Minggu (20/9/2015).

Nahwari lalu meminta, ormas perempuan di bawah naungan NU itu menyiapkan atlet untuk cabang olahraga renang. "Saya minta fatayat menyiapkan stok olahragawati. Kami punya beban berat untuk menyediakan atlet wanita karena Indonesia akan jadi tuan rumah Asian Games tahun 2018," ujar dia.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa itu menjelaskan, ada beberapa cabang olahraga yang bisa diikuti wanita. Termasuk olahraga yang kemungkinan akan diselingi kontroversi berkaitan dengan aurat dan jender, seperti olahraga renang dan sepak bola.

Indonesia termasuk negara negara yang minim atlet wanita. Sepak bola, misalnya, negara lain, termasuk beberapa negara berpenduduk muslim, sudah memiliki pesepakbola wanita. Sementara di Indonesia belum ada.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.