Kompas.com - 14/07/2015, 13:34 WIB
|
EditorLatief

KOMPAS.com – Pebalap muda Indonesia Sean Gelael harus bersabar dengan ambisinya menambahkan poin di Kejuaraan Formula Renault 3.5. Dewi fortuna belum memihak pada aksinyadi dua lintasan yang dilahap baru-baru ini, Hungaroring dan Red Bull Ring.

Seperti diketahui, Sean belum sempat menyelesaikan balapan pada dua lintasan berikut. Setelah mengalami ketidakseimbangan kendaraan di Hungaroring, ia juga mengalami kecelakaan di Red Bull Ring yang mengharuskan aksinya terhenti pada race pertama.

Sean menjumpai Sirkuit Hungaroring, Hongaria, pada 13-14 Juni 2015 lalu untuk seri keempat. Saat itu Sean tidak berhasil menyelesaikan balapan setelah melakukan 13 lap.

Sean mengalami ketidakseimbangan kendaraan berusaha memacu dan menyeimbangkan kendaraannya secara maksimal. Sayangnya, ia harus mendapat masalah oversteer yang tidak jelas penyebabnya hingga mengakibatkan mobilnya terpelintir ke luar lintasan.

Ketidakberuntungan Sean nyatanya belum selesai. Meski cukup percaya diri saat menuju ajang balap di lintasan Red Bull Ring yang notabene merupakan salah satu sirkuit tempatnya menyelesaikan Kejuaraan Formula 3 dengan baik, Sean tak menemukan keberuntungan yang sama. Ia bahkan harus meninggalkan balapan lebih cepat karena mengalami kecelakaan yang dramatis.

Insiden ini terjadi di lap pertama, saat pebalap Belanda, Meindert van Buuren keluar lintasan di tikungan pertama. Saat kembali ke lintasan, van Buuren kehilangan kontrol lalu menghantam Sean dan pebalap Meksiko, Alfonso Celis Jr.

KOMPAS Sean Gelael dalam ajang balap Formula Renault 3.5

Setelah itu, Sean terpaksa tidak bisa melanjutkan balapan dan harus masuk pit. Meski telah diperbaiki oleh Tim mekanik agar bisa tampil di lap kedua, keadaan mobil belum begitu baik.

Saat kembali masuk lintasan, mobil yang dikendarai Sean kembali mengalami masalah pada sistem pneumatic air-pressure dan suspensi kanan depan. Keadaan inilah yang akhirnya membuat Sean tak memungkinkan melanjutkan balapan.

Sisa musim balap

Namun, meski belum berhasil pada dua lintasan tersebut, Sean masih harus menghabiskan sisa musim balap tahun ini. Setelah Hungaroring dan Red Bull Ring, Sean bersama Tim Jagonya Ayam with Carlin memiliki masa libur panjang sampai seri berikut Kejuaraan Formula Renault 3.5 di Sirkut Silvertone, Inggris, 5-6 September mendatang.

Sementara itu, Sean akan memulai debutnya di Kejuaraan GP2 yang akan berlangsung dua minggu dari sekarang, 25-26 Juli. Kejuaraan tersebut bakal digelar di Sirkuit Hungaroring, Hongaria.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai sepak terjang Sean Gelael dan Tim Jagonya Ayam with Carlin di ajang World Series by Renault dan Formula 3 serta beberapa informasi paling update lainnya dari Sean, silakan ikuti akun Twitter resmi Sean Gelael di @IDSeanGP dan fan page Facebook resmi Sean Gelael di https://www.facebook.com/IDSeanGP serta www.sean-gelael.com.

Baca juga: Belum Beruntung, Sean Gelael Alami Kecelakaan di Austria

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.