Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kualifikasi Terburuk Lorenzo Musim Ini

Kompas.com - 27/06/2015, 07:16 WIB
ASSEN, KOMPAS.com — Jorge Lorenzo menjalani kualifikasi terburuk musim ini pada GP Belanda di Sirkuit Assen, Jumat (26/6/2015). Setelah memenangi empat balapan terakhir secara beruntun, Lorenzo akan mengawali persaingan hari ini dari posisi start kedelapan.

Ini berarti pebalap Movistar Yamaha tersebut akan memulai balapan dari baris ketiga untuk kali pertama sejak Aragon 2014. Namun, dia tidak khawatir dan yakin akan bisa bersaing karena memiliki motor yang bagus.

"Saya rasa kecepatan balapan akan berkisar (1 menit) 33,8 atau 33,9 detik, atau 34,0 detik. Ini akan jadi kecepatan pada pertengahan belapan, menurut saya. Lalu, akan ada sedikit komplikasi bagi para pebalap untuk menjaga kecepatan pada (1 menit) 33 detik," kata Lorenzo.

Start akan jadi momen penting bagi pebalap 28 tahun tersebut, apalagi jika dia ingin secepatnya bersaing dengan Valentino Rossi yang akan memulai balapan dari pole position. Lorenzo hanya tertinggal satu angka dari Rossi di klasemen.

"Ini tergantung dari pengaturan kopling saat start. Jika bagus, mungkin saya bisa melewati beberapa pebalap saat start. Pada dua putaran pertama, saya akan mencari pengereman terbaik supaya bisa melewati mereka," kata Lorenzo.

"Benar bahwa lebih sulit untuk memulai balapan dari baris ketiga, tetapi ada tantangan bagus di depan saya, jadi saya akan mencoba menghadapinya semaksimal yang saya bisa," ujarnya.

Lorenzo berharap akan ada persaingan ketat antara Rossi dan Marc Marquez di setiap tikungan sehingga laju mereka sedikit terhambat. Marquez akan memulai balapan dari tempat start ketiga, di samping Aleix Espargaro di posisi kedua.

"Saya tidak tahu apa yang akan terjadi. Target saya adalah secepatnya melewati pebalap lain dan tidak melakukan kesalahan. Ini tidak akan mudah, tetapi saya rasa kami siap," ujarnya.

Balapan GP Belanda akan berlangsung pada Sabtu (27/6/2015) mulai pukul 14.00 waktu setempat (19.00 WIB).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com