Kompas.com - 23/06/2015, 14:41 WIB
Setelah menyelesaikan aksinya di Hungaroring, 13-14 Juni 2015 lalu, pebalap muda Indonesia Sean Gelael bersama Tim Jagonya Ayam with Carlin harus mempersiapkan diri kembali menuju sirkuit Red Bull Ring, Austria. Dok KFC/Tim Jagonya AyamSetelah menyelesaikan aksinya di Hungaroring, 13-14 Juni 2015 lalu, pebalap muda Indonesia Sean Gelael bersama Tim Jagonya Ayam with Carlin harus mempersiapkan diri kembali menuju sirkuit Red Bull Ring, Austria.
|
EditorLatief

KOMPAS.com Setelah menyelesaikan aksinya di Hungaroring, 13-14 Juni 2015 lalu, pebalap muda Indonesia, Sean Gelael, bersama Tim Jagonya Ayam with Carlin, harus mempersiapkan diri kembali. Masih ada waktu kurang dari tiga pekan bagi keduanya untuk menuju sirkuit Red Bull Ring, Austria.

Berada di lintasan ini sebenarnya bukanlah yang pertama bagi Sean. Saat mengikuti seri delapan Kejuaraan FIA Formula 3 Eropa tahun lalu, ia sempat mencicipi lintasan ini. Belajar dari pengalamannya yang lalu, Sean diharapkan dapat menguasai lintasan dengan baik.

Beralih dari pengalaman Sean, sirkuit yang berada di Spielberg, Austria, ini sebenarnya memiliki fakta menarik. Berikut di antaranya:

Dua kali ganti nama

Dibuka sejak 1969, sirkuit yang satu ini awalnya bernama Osterreichring. Sayangnya, setelah kurang lebih 17 tahun beroperasi, sirkuit ini harus ditutup karena alasan keamanan.

Setelah dilakukan renovasi, Osterreichring berganti nama menjadi A1 Ring. Bertahan hingga 2004, sirkuit ini harus mengalami penutupan kembali.

Kemudian, pada 2011, sirkuit ini kembali dipugar untuk menghadirkan kembali euforia F1 di Austria. Saat itu pula, sirkuit ini berganti nama menjadi Red Bull Ring.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pendek, tetapi menantang

Sirkuit ini memiliki lintasan dengan panjang asli 5,9 kilometer dalam layout Osterreichring. Sementara itu, dalam layout A1-Ring, sirkuit ini memiliki panjang 4.326 kilometer hingga saat ini.

Dok www.sean-gelael.com/ Red Bull Ring adalah lintasan dengan temperatur cuaca tak menentu. Cuaca bisa saja sangat panas atau tiba-tiba berubah menjadi dingin dengan cepat sehingga menuntut ketahanan ban mobil yang baik.

Namun, meski tergolong pendek, karakter Red Bull Ring saat ini menyajikan tantangan tersendiri bagi pebalap. Ada tikungan sempit berkarakter cepat dan lekukan-lekukan yang membuat lintasan ini tampak sulit yang akan menguji adrenalin pebalap. Selebihnya, lintasan juga dihiasi dengan trek lurus panjang yang butuh top speed tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.